Gubernur Khofifah: Pentingnya Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan

PROBOLINGGO (Suarapubliknews) – Terkait Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung RSUD Baru dan Gedung Polsek Kanigaran Kota Probolinggo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut bahwa kualitas layanan kesehatan harus terus ditingkatkan, baik SDM, alkes maupun infra strukturnya.

“Tujuan akhirnya adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kemudian juga menaikkan indeks pembangunan manusia (IPM) yang  didalamnya mencakup  kesehatan, pendidikan dan income percapita,” katanya.

Sementara itu, Walikota Probolinggo Hadi Zainal Arifin menyampaikan optimismenya bahwa RS baru ini nantinya akan menjadi Rumah Sakit Rujukan di wilayah Timur Jatim. Hal ini mengingat lokasi pembangunan yang secara geografis mudah diakses dari berbagai wilayah. “Harapannya RS ini nantinya mengcover daerah sekitar Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Jember dan sebagainya,” ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan, pembangunan RS ini akan dilakukan dalam beberapa tahap, dimulai tahun 2020 yang fokus pada Instalasi Rawat Inap Satu Lantai untuk kemudian diharapkan selesai tahun 2023. Bahkan, RS ini nantinya akan diarahkan menjadi RS Tipe B Pendidikan, untuk kemudian bisa berkerja sama dengan Lembaga Pendidikan sehingga alat-alatnya lebih lengkap dan representatif. “Pengembangan RS ini juga masuk ke dalam Perpres no 80 th 2019 guna mendukung percepatan pembangunan ekonomi di Kawasan Bromo-Tengger-Semeru,” pungkasnya. (q cox, tama dinie)

Reply