Jatim RayaPemerintahanPeristiwa

Hadir di Kontes Ikan Koi Tingkat Nasional, Ini Pesan Bupati Kediri Mas Dhito

30
×

Hadir di Kontes Ikan Koi Tingkat Nasional, Ini Pesan Bupati Kediri Mas Dhito

Sebarkan artikel ini

KEDIRI (Suarapubliknews) – Kontes ikan koi bertaraf nasional dengan tajuk ‘9 th Koi Show Bupati Cup’ di Convention Hall Simpang Lima Gumul, Kediri, berjalan sukses dengan jumlah peserta mencapai ratusan.

Agung Wibowo selaku panitia menjelaskan, bahwa kegiatan ini bisa digelar karena sudah mengantongi ijin, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Bahkan seluruh peserta wajib menunjukkan surat swab antigen kepada panitia.

“Tahun ini peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 400 peserta dengan jumlah ikan kontes sebanyak 2.477 ekor dan ini merupakan pemecahan rekor terbanyak untuk jumlah ikan,” jelas Agung Wibowo. Minggu (28/03/2021)

Menurut dia, peserta datang dari berbagai daerah di Indonesia bahkan ada yang terjauh dari Makasar, Kalimantan dan Papua.

Dia menjelaskan jika Ikan koi yang dilombakan jenisnya sangat beragam dan yang paling istimewa tetap Kelas Gosanke yaitu Kohaku, Sanke dan Showa.

“Selain karena warna lebih indah, penghobinya juga lebih banyak dan prospek meningkat,” jelasnya.

Ada 9 kategori ikan koi yang dilombakan, kata dia, yaitu ada Junior Champions, Mini Champions, Baby Champions, Young Champions, dan Green Champions. Untuk Green Champions ukurannya 56-65 Cm.

“Kegiatan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 26, 27 dan 28 Maret 2021 dan berhasil mendapatkan apresiasi dari Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang hadir menyerahkan piala kepada juara umum yang disabet oleh Heru Santoso dari Nisikigoi Magetan,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Mas Bup Dhito berharap agar Kabupaten Kediri bisa mengalahkan daerah lain yakni menjadi nomer satu sebagai sentra ikan koi.

“Bagaimana kecintaan masyarakat dengan ikan hias terutama ikan koi, jumlah populasinya puluhan ribu. Nilai ekonomis para pembudidaya ikan koi sendiri bisa mencapai ratusan milyar, artinya sangat disayangkan jika tidak diperhatikan,” jelas Bupati.

Diakhir sambutannya, Bupati mengaku akan terus memberikan support terhadap penyelenggaraan kontes ikan koi, karena dapat memperkenalkan salah satu potensi Kabupaten Kediri ke tingkat nasioanal. (q cox, Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *