BisnisNasional

Jasa Marga Ajak Pengguna Jalan Untuk Tingkatkan Kesadaran Keselamatan Berkendara

34
×

Jasa Marga Ajak Pengguna Jalan Untuk Tingkatkan Kesadaran Keselamatan Berkendara

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (Suarapubliknews) – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar acara puncak Road Safety Rangers 2022, “Service Excellent in Toll Roads With Safety Driving”, melengkapi rangkaian edukasi dan kampanye terkait keamanan dan keselamatan berkendara melalui program RSR 2022, Selasa (06/12).

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyatakan, Jasa Marga berkomitmen untuk mendukung tercapainya target RUNK LLAJ tahun 2021-2040, terutama dalam rangka menurunkan indeks kecelakaan dan fatalitas korban. Maka dari itu, setiap tahun Jasa Marga rutin mengadakan kegiatan Kampanye Tertib Berlalu Lintas sebagai sarana edukasi dan ajakan kepada masyarakat untuk meningkatkan road safety di jalan tol.

“Kami juga terus melakukan inovasi berbasis teknologi yang mendukung terwujudnya program strategis di bidang keselamatan jalan serta konsisten melaksanakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui kegiatan training dan campaign yang terkait dengan keselamatan berkendara. Di sisi lain, diperlukan adanya kolaborasi dan sinergi dalam rangka meningkatkan layanan, salah satunya dengan menjalin kerjasama di bidang pengoperasian, pelayanan, keselamatan (road safety), serta law enforcement di jalan tol, dengan melibatkan berbagai instansi dan lembaga terkait,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Operasi Jasa Marga, Fitri Wiyanti menjelaskan bahwa, faktor penyebab kecelakaan tertinggi selama tahun 2022 hingga Oktober lalu adalah faktor pengemudi sebesar 85% karena kurang antisipasi, tidak tertib, lelah hingga mengantuk. Dari total kecelakaan tersebut sebanyak 36% melibatkan kendaraan Angkutan Barang yang jumlahnya adalah sebesar 15% dari total volume lalu lintas di jalan tol.

“Selain kendaraan lebih beban, kendaraan overspeed juga menjadi pemicu fatalitas di jalan tol. Berdasarkan speed camera di ruas tol Jasa Marga Group, pada tahun 2022 rata-rata terdapat 3.409 kendaraan overspeed, atau sebesar 8% dari total kendaraan yang terdeteksi speed camera. Melihat dari fenomena tersebut, Jasa Marga menginisiasi program untuk pengguna jalan terkait ketertiban di jalan tol. Road Safety Rangers merupakan salah satu upaya dan komitmen Jasa Marga dalam memberikan edukasi dan mengkampanyekan keselamatan berkendara kepada pengguna jalan yang rutin diadakan setiap tahun,” jelasnya.

Sejumlah pakar hadir untuk mewakili lima pilar Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RUNK LLAJ) yaitu Sistem Yang Berkeselamatan, Jalan Yang Berkeselamatan, Kendaraan Yang Berkeselamatan, Perilaku Pengguna Jalan Yang Berkeselamatan, dan Penanganan Korban Kecelakaan.

Dalam RSR kali ini juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Jasa Marga dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tentang Peningkatan Sistem Manajemen Keselamatan di Jalan Tol yang dilakukan oleh Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur dan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono.

Selain itu juga diselenggarakan pemberian apresiasi atas dukungan dan kerjasama dalam penyelanggaraan jalan tol berkeselamatan, yang diterima oleh sejumlah instansi, di antaranya BPJT Kementerian PUPR, Ditjen Hubdat Kementerian Perhubungan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Korlantas POLRI, KNKT dan Basarnas.

Road Safety Rangers 2022 merupakan upaya Jasa Marga dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan berkendara, sebagai wujud peran aktif dalam menghadirkan infrastruktur jalan tol yang berkeselamatan. Program ini ditargetkan untuk meningkatkan pemahaman, kesadaran dan komitmen untuk selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas. (Q cox, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *