Juara Robofest Tingkat Nasional asal Kota Mojokerto Pamit Berangkat ke Jepang

MOJOKERTO (Suarapubliknews) – Empat pelajar berprestasi asal Kota Mojokerto bersiap mengikuti perlombaan Festival Robot Internasional di Jepang yang berlangsung pada 22-28 Agustus 2019.

Keberangkatan Sayidatina Kamila, Hafidz Muzacky Ar Rizky, Diandra Syagita Nugraha dan Nasywa Azalia Putri Azzahra ke Jepang untuk mewakili Indonesia, setelah mereka berhasil menjuarai Kompetisi Robofest Indonesia Open 2019 tingkat nasional pada 30 April – 2 Mei 2019, lalu.

Sebelum meninggalkan kampung halaman, empat pelajar SMP Negeri 1 Kota Mojokerto itu pun sempat meminta restu kepada Walikota Mojokerto Ika Puspitasari. Didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto, Amin Wachid saat mengunjungi Rumah Dinas Walikota, Jl. Hayam Wuruk No. 50, Selasa (20/8) sore. Dalam kesempatan itu, banyak hal yang menjadi perhatian Ning Ita, termasuk kesiapan mental hingga dukungan keluarga.

“Kita ini orang timur yang dikenal dengan budaya, attitude, sikap sopan dan santun yang baik. Kalau kata orang Jawa, unggah ungguhnya dijaga. Karena mencerminkan penanda dan budaya sebagai orang Indonesia. Jangan sampai, membawa nama Indonesia tapi tidak bisa berperilaku sebagai orang Indonesia,” pesan Ning Ita.

Selain harus bersaing dengan peserta dari negara lain, Hafidz Muzacky dan kawan-kawan, dalam ajang Robofest ini juga akan kembali memperebutkan piala dengan peserta yang berasal dari dalam negeri, termasuk Surabaya. Bahkan, Kota Pahlawan menjadi daerah pengirim peserta terbanyak dari dalam negeri, dengan jumlah 11 siswa.

Sebagai informasi, ajang Robofest Japan 2019 yang digelar di Okayama University merupakan kompetisi robot antar pelajar di seluruh penjuru dunia dengan berbagai kategori yang dilombakan. Indonesia sendiri memberi kesempatan pada pelajar berprestasi untuk ikut bersaing dengan difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Sementara khusus empat pelajar asal Mojokerto, mereka akan bertanding dengan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama Kategori Transporter Secondary dan kelompok kedua Kategori Battle Maze Secondary. (q cox, Wid)

Reply