Kadis Perkimtan Tanbu Pantau Pembangunan Rumah Relokasi di Desa Dadap

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Tidak sedikit jumlah warga Tanah Bumbu yang tinggal di daerah tetangga. khususnya mereka yang berada di daerah perbatasan Kabupaten.

Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu membuat kebijakan relokasi warganya dengan membuatkan tempat tinggal untuk mereka yang bersedia kembali.

Melalui program membangun rumah ini diharapkan ada yang bersedia kembali bermukim di wilayah Bumi Bersujud.

Adapun program pembangunan rumah di daerah perbatasan ini berada di Desa Dadap, Kecamatan Teluk Kepayang Kab. Tanah Bumbu. Dan program ini tahap pertama sudah dilaksanakan sejak tahun 2020 lalu. Kebijakan ini diambil menyusul masih banyak warga Tanah Bumbu yang terpaksa tinggal di wilayah perbatasan Kabupaten Banjar karena tidak memiliki tempat tinggal.

Program relokasi warga yang ber KTP Tanah Bumbu yang tinggal di wilayah kabupaten Banjar, dibangunkan rumahnya di desa Dadap RT 3, Kecamatan Teluk Kepayang.

Pembangunan secara bertahap melalui anggaran APBD 2021 di Dinas Perkimtan Tanbu

Tahun 2020 sudah ada sebanyak 5 unit yang dibangun dan tahun 2021 sebanyak 2 unit dan masih ada puluhan rumah yang harus dibangun dan dikerjakan secara bertahap.

”Anggaran rumah per unitnya sebesar Rp 52 juta,” pungkasnya.

Untuk memastikan proses pembangunan rumah tersebut berjalan sesuai perencanaan, Kepala Dinas Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Tanah Bumbu, H Ansyari Firdaus, bersama timnya memantau ke lapangan.

”Kemarin saya monitoring pekerjaan bangunan 2 unit rumah sekaligus bersilaturahmi dan berkomunikasi dengan warga di desa terpencil ini,” ungkapnya pada Kamis (28/10/2021) ketika dikonfirmasi wartawan. (q cox, Imran)

Reply