Konsisten Tanamkan Kesadaran Keselamatan Berkendara, Jasa Marga Gelar Roadster Rescue Competition

SENTUL (Suarapubliknews) – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar Roadster Rescue Competition 2020. Ajang ini menjadi wadah untuk mengukur kesiapan dan kesiagaan petugas dalam kegiatan penanganan gangguan perjalanan atau kecelakaan di jalan tol.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengtakan safety driving_ adalah bagian dari tugas sehari-hari para petugas di lapangan. Tapi, lanjutnya, para petugas juga harus memperhatikan konsep green, yakni yang menyangkut keseimbangan ekosistem dan perilaku untuk menjaga kelestarian alam.

“Artinya, kita harus selalu mengaitkan tugas kita dengan keseimbangan ekosistem alam. Kita harus meningkatkan kompetensi dan pelayanan. Concern terhadap lingkungan juga harus dipertimbangkan,” katanya.

Roadster Rescue Competition merupakan kompetisi yang rutin digelar tiap tahunnya. Tahun ini adalah perhelatan Roadster Rescue Competition ke-16. Sebelum tahun 2019, event ini bernama Lomba Pelayanan Lalu Lintas.

Roadster sendiri adalah sebutan khusus bagi Karyawan Jasa Marga yang selalu berkomitmen untuk menunjukan kinerja terbaiknya sesuai Tata Nilai Perusahaan, yakni Agility, Professionalism, Integrity, dan Customer Focus (APIC) dalam melayani stakeholders.

Melalui perlombaan ini pula, rangkaian prestasi Jasa Marga didapatkan yaitu mendapatkan Juara Best Team Manager dalam ajang Malaysia International Rescue Extrication Challenge 2019. Pada tahun ini, Roadster Rescue Competition memperlombakan 3 (tiga) bidang kategori.

Penilaian Video Simulasi Penanganan Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan muatan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) sebagai sosialisasi dan edukasi proses penanganan kecelakaan lalu lintas. Penilaian Karya Tulis tentang pengalaman penanganan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan muatan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Tollroad Rescue Competition sebagai sarana meningkatkan kompetensi petugas pelayanan lalu lintas dalam hal percepatan penanganan gangguan perjalanan/kecelakaan di jalan tol sekaligus sebagai evaluasi terhadap proses yang telah berjalan terkait penanganan gangguan perjalanan/kecelakaan di jalan tol.

Pada tahun ini, Roadster Rescue Competitiondiikuti oleh 23 tim, terdiri dari sembilan tim dari Cabang Jasa Marga dan empat belas tim dari Anak Perusahaan Jasa Marga. Keempat belas Anak Perusahaan Jasa Marga tersebut adalah PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (JLJ), PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) Ruas Pd Ranji-Ulujami, PT Jasamarga Pandaan Tol (JPT), PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP), PT Jasamarga Bali Tol (JBT), PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM), PT Marga Sarana Jabar (MSJ), PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), PT Jasamarga Medan Kualanamu Tebing (PT JMKT), PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), PT Trans Marga Jateng (TMJ), dan PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ).

Tim Juri dalam Roadster Rescue Competition 2020 tidak hanya berasal dari internal Jasa Marga, melainkan juga eksternal, seperti Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan, dan pakar Road Rescue dari Australia. Tim Juri yang juga berasal dari eksternal bertujuan agar penilaian dilakukan secara transparan, fair, dan profesional. 9q cox, tama Dinie)

Reply