Bandara Juanda Antisipasi Penyebaran Corono Lakukan 2 Lapis Pemeriksaan

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Bandar Udara Internasional Juanda bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya, Lanudal Juanda dan Kantor Imigrasi Kelas I Surabaya memperketat pemantauan dan pengawasan penumpang pasca pengumuman yang diberikan Presiden Jokowi terkait dua warga Indonesia yang dinyatakan positif COVID-19.

Co.General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Didik Suryanto mengatakan bandara sebagai pintu gerbang pergerakan orang dan barang tentu mengantisipasi masuk serta menyebarnya penyakit virus Corona atau COVID-19.

“Saat ini telah terpasang sebanyak 3 unit _thermo scanner_ di terminal Bandar Udara Internasional Juanda yang terletak masing-masing 1 unit di kedatangan internasional T2, keberangkatan T2, dan kedatangan T1 untuk memindai para penumpang guna mengantisipasi penyebaran melalui bandara,” katanya.

Selain pemasangan alat _thermo scanner_, para penumpang internasional yang di tiba di Bandar Udara Internasional Juanda juga diberikan _Health Alert Card_ (HAC) sebagai pendataan medik guna mengantisipasi dini penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya dr. H. Muhammad Budi Hidayat, M. Kes menjelaskan bahwa thermo scanner yang terpasang akan mendeteksi secara langsung penumpang yang bersuhu badan lebih dari 38 derajat Celcius.

“Kami telah melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang internasional sebanyak 2 kali. Pemeriksaan pertama saat penumpang turun, personil kesehatan melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang internasional satu per satu dengan alat _thermo gun_ yang ditempelkan pada kening penumpang..” katanya.

Sedangkan pemeriksaan kedua, pihaknya memasang alat _thermo scanner_ di terminal kedatangan internasional Bandar Udara Internasional Juanda untuk mendeteksi penumpang dengan suhu tidak normal atau lebih dari 38 derajat Celcius. “Apabila terdapat penumpang dengan suhu tersebut akan segera dibawa menuju ruang isolasi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” jelas Budi.

Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) M Tohir menambahkan bahwa seluruh stakeholder telah melakukan upaya-upaya antisipasi dalam penyebaran virus tersebut. Pihaknya terus menjalin koordinasi dan komunikasi dengan seluruh stakeholder bandara untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau COVID-19 secara intens.

“Selain itu kami juga mengharapkan dukungan dari semua pihak termasuk rekan-rekan media dalam menginfomasikan kepada masyarakat terkait upaya-upaya yang telah dilakukan oleh seluruh stakehokder bandara dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona atau COVID-19,” tutupnya. (q cox, Tama Dinie)

Reply