Kopi Indonesia, Peluang Bisnis Masa Depan

TRENGGALEK (Suarapubliknews.net) – Kopi punya masa depan cerah di negeri ini, pernyataan tersebut dilontarkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah saat mengunjungi Festival Kopi Trenggalek 2018.

Menurutnya demand kopi tiap tahun semakin meningkat. Beberapa negara besar seperti Tiongkok sudah menjadi coffee drinker. London saat ini mulai banyak orang yang bikin kedai kopi.

“Hal ini menunjukkan bawasanya peluang bisnis kopi sangat terbuka lebar, besarnya potensi kopi membuat bisnis sawit lewat. Apalagi banyak varietas kopi yang berkembang di Jawa Timur dan kopi mempunyai masa depan yang baik bagi investasi di bisnis ini,” katanya.

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, menyambut positif terselenggaranya festival kopi tersebut. “Diadakannya festival Kopi ini bertujuan mengenalkan inovasi, baik di hulu dan di hilir dari industri kopi,” ungkapnya.

Trenggalek merupakan salah satu daerah yang mempunyai potensi kopi. Bukan hanya diseputar Wilis kopi ini juga ada di Kecamatan Dongko dan beberapa tempat yang lainnya, apalagi Trenggalek menjadi taman tekhnologi pertanian untuk kopi dan sapi perah.

“Mudah-mudahan festival kopi kali ini bisa menggugah, kebersamaan dari Kabupaten-Kabupaten di Selingkar Wilis. Ayo kita daerah di sekitar Gunung Wilis ini termasuk Blitar, untuk bisa lebih dikenal sebagai daerah yang berpotensi untuk kopi,” ajaknya.

Festival yang perdana digelar di Trenggalek ini tentunya ditujukan untuk terus mendongkrak kopi lokal ditengah menggeliatnya kopi nusantara. Perlu diketahui ada Pabrik Kopi peninggalan Belanda di Kota Tempe Keripik ini, yang masih dapat difungsikan dengan baik. (q cox, Tama Dinie)

Reply