Lengkapi Program Keselamatan Berkendara Road Safety Rangers, Jasa Marga Gelar Safety Road Trip

TANGERANG (Suarapubliknews) – Melengkapi rangkaian edukasi dan kampanye terkait keamanan dan keselamatan berkendara melalui program Road Safety Rangers, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar program terakhir, yaitu _Safety Road Trip,_ yang mengusung tema _“Experience the Safe Trip on Jasa Marga Toll Roads”.

Asisten Deputi Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga mengapresiasi program Road Safety Rangers, karena menunjukkan komitmen dan kepedulian Jasa Marga dalam melakukan edukasi kepada masyarakat, guna menekan tingkat kecelakaan terutama di jalan tol.

“Program ini juga dapat meningkatkan _awareness_ generasi muda, bahwa berkendara yang aman dan selamat bukan hanya didukung dari infrastruktur yang baik, tetapi juga perilaku dan kebiasaan pengguna jalan yang juga merupakan hal yang paling utama,” katanya.

Ia juga menekankan bahwa perilaku _safety driving_ dalam berkendara, dapat melindungi tidak hanya hanya diri sendiri tapi juga orang lain, sehingga menjadi tanggung jawab bersama. Ia berharap, generasi muda saat ini, terutama peserta yang hadir pada acara ini, dapat menjadi _role model_ dalam tanggung jawab berkendara, minimal di lingkungan terdekatnya.

Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti juga berharap ilmu teori maupun praktik yang didapatkan oleh para peserta dapat disebarluaskan lagi di lingkungan masing-masing serta terus diterapkan dalam keseharian saat berkendara. Program Road Safety Rangers pada dasarnya merupakan program Tertib Berlalu Lintas Jasa Marga yang diadakan rutin setiap tahun, dalam rangka meningkatkan _road safety_ di jalan tol.

“Untuk mewujudkan keselamatan di jalan tol, selain tanggung jawab Jasa Marga sebagai Badan Usaha Jalan Tol dalam menyediakan Jalan Berkeselamatan, dibutuhkan peran serta dari pengguna jalan tol, terutama generasi muda sebagai generasi penerus bangsa. Harapannya, akan menjadi satu komunitas yang menjadikan _safety driving_ sebagai perilaku utama, bahkan menjadi gaya hidup, yang turut serta melakukan persuasi kepada masyarakat,” katanya.

Sehingga nanti pada saatnya, dapat mengurangi tingkat kecelakaan dan tingkat fatalitas di jalan tol serta dapat mewujudkan jalan tol yang lebih aman bagi para penggunanya. Hal ini mengingat, berdasarkan data yang ada, 81% penyebab kecelakaan di Jalan Tol Jasa Marga Group masih merupakan Faktor Pengemudi.

“Selaras dengan komitmen Jasa Marga dalam pengelolaan Jalan Tol Berkelanjutan serta kepedulian terhadap lingkungan dalam upaya pengurangan emisi karbon di jalan tol, dalam program ini Jasa Marga juga menggunakan mobil listrik yang memanfaatkan energi terbarukan, bekerjasama dengan Hyundai,” tutup Fitri.

Dalam menurunkan tingkat kecelakaan, selain rutin melakukan sosialisasi dan edukasi, Jasa Marga melakukan beberapa program dan inovasi diantaranya pemasangan _Speed Camera,_ bekerjasama dengan Kepolisian untuk penegakan hukum dengan _Electronic Traffic Law Enforcement_ (ETLE) di jalan tol, serta sertifikasi International Road Assessment Programme (iRAP) untuk jalan tol Jagorawi dan Cipularang berdasarkan standar internasional

Road Safety Rangers yang terdiri dari empat program ini juga selaras dengan _Sustainable Development Goals_ (SDGs) dengan tujuan nomor tiga, yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Rangkaian program dimulai dari Road Safety Rangers Webinar pada 25 November 2021 dengan sekitar 575 peserta online dan 60 peserta offline yang hadir. Lalu dilanjutkan dengan Road Safety Rangers Training pada 29-30 November 2021 yang diikuti oleh 30 peserta terpilih dari program webinar.

Turut hadir sekaligus melakukan _flag off,_ Asisten Deputi Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga dan Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti, serta didampingi oleh Direktur Operasional PT Jasa Raharja (Persero) Dewi Aryani Suzana, Direktur Politeknik Transportasi Darat Indonesia Ahmad Yani dan Director of Training & Campaign Indonesia Road Safety Partnership (IRSP) Eko Reksodipuro.

Kegiatan _flag off_ dilakukan di Internet of Things Laboratory Jasa Marga yang juga dihadiri oleh para peserta program yang merupakan peserta terbaik dari program Road Safety Rangers Training dan Competition.

Didampingi oleh pelatih profesional dari IRSP, dalam program ini para peserta berkesempatan untuk mempraktikkan teori dan pelatihan yang telah didapatkan sebelumnya dengan menjajal rute Jalan Tol JORR II yang dikelola Jasa Marga Group, yaitu Jalan Tol Cinere-Serpong (Pamulang – Serpong), Serpong-Kunciran dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran.

Tidak hanya itu, sebagai bentuk amplifikasi pesan _safety driving_ kepada publik, Jasa Marga menggandeng pegiat kampanye keselamatan berkendara sekaligus _influencer_ dan _content creator,_ Fitra Eri.

Selanjutnya, program juga dilanjutkan dengan kompetisi untuk amplifikasi pesan melalui Road Safety Rangers TikTok Video Competition yang berlangsung pada dari 26 November-8 Desember 2021. Hingga yang terakhir, seluruh peserta terbaik mengikuti Road Safety Rangers Safety Road Trip yang dilaksanakan hari ini. (q cox, tama dinie)

Reply