Muswil KIPP Jatim Tetapkan Novli Thyssen Sebagai Ketua Periode 2018-2023

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Novli Bernado Thyssen ditetapkan sebagai ketua KIPP Jatim periode 2018-2023, menggantikan Rikson Nababan, dalam acara Musyawarah Wilayah KIPP Jawa Timur. Sabtu (15/12/2018)

Muswil KIPP Jatim dibuka dengan seminar nasional yang bertemakan “Mengawal Demokrasi Elektoral di Indonesia”, dengan narasumber Prof Hotman Siahaan sosiolog Unair, August Mellaz Direktur SPD, Purnomo Anggota Bawaslu Jatim, Armuji Ketua DPRD Kota Surabaya.

Muswil yang digelar bertempat di hotel Veni Vidi Vici Surabaya dan dihadiri 14 perwakilan dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur ini secara bulat memberikan suara kepada Novli Bernado Thyssen yang sebelumnya sempat duduk sebagai komisioner Panwaslu Surabaya.

Sebagai ketua yang baru, Novli Bernado Thyssen berharap agar KIPP Jawa Timur ke depan dapat menjadi laboratorium pemilu yang melahirkan gagasan, ide, konsep pemilu, sehingga dapat memberikan sumbangsih sistem kepemiluan dan demokrasi yang lebih baik di Indonesia.

“Selain itu, penguatan pemantauan pemilu sebagai bentuk partisipasi masyarakat juga menjadi agenda KIPP kedepan,” ucap mantan komisioner Panwaslu Surabaya ini.

Menurut dia, pendidikan pemilih dan pendidikan kewarganegaraan sangat penting dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai salah satu subyek pemilu yang tidak hanya mendelegasikan sebagian kekuasaannya kepada negara melalui mekanisme pemberian suara di pemilu, tetapi juga berperan aktif menjalankan fungsi kontrol atas kewenangan penyelenggara pada penyelenggaran pemilu. (q cox)

Reply