Jatim RayaPemerintahan

Onde-Onde Legend Khas Mojokerto, Gubernur Khofifah: Butuh Sentuhan Teknologi Pangan Agar Tanpa Pengawet Tahan Lebih Lama

22
×

Onde-Onde Legend Khas Mojokerto, Gubernur Khofifah: Butuh Sentuhan Teknologi Pangan Agar Tanpa Pengawet Tahan Lebih Lama

Sebarkan artikel ini

KOTA MOJOKERTO (Suarapubliknews) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyempatkan diri menikmati dan menyaksikan langsung proses pembuatan Onde-Onde Bo Liem yang berdiri sejak tahun 1929. Jajanan berbentuk bulat berbalut wijen dengan isian kacang hijau itu memang memiliki rasa yang begitu nikmat

Diakuinya onde-onde kondang ini memiliki beberapa varian yang lezatnya sudah diakui hampir seratus  tahun. “Saya rasa brand Onde-Onde Bo Liem ini sangat legendaris . Karena kalau orang-orang sebut Onde-Onde ya disini (Mojokerto) pusatnya,” ungkapnya Minggu (11/9).

Meski mudah di replikasi, Gubernur Khofifah menyebut produk Onde-onde Bo Liem ini memiliki kekhasannya tersendiri. Sebab, ragam isian , kenyal dan legitnya onde-onde ini sudah terkenal di penjuru Nusantara. “Sekali lagi produk onde onde Bo Liem  ini sangat legend. Tidak hanya di Mojokerto saja, tapi di seluruh Indonesia pasti mengenalnya,” tegasnya.

Onde-onde ini memiliki beberapa varian isian yakni kacang hijau, cokelat atau keju yang pulen renyah dan legit. Selain isiannya yang lezat, onde-onde buatan generasi ketiga keluarga Bo Liem ini mempunyai kulit yang lembut pulen dan gurih bertaburkan wijen.

Sebab adonannya menggunakan tepung ketan berkualitas dicampur gula pasir dan garam. Wijen yang digunakan pun diimpor dari India sehingga wangi semerbak.“Meski banyak variannya, yang klasik (isian kacang hijau) tetap yang paling asyik menurut saya,” terangnya.

Gubernur Khofifah juga berkesempatan melihat secara dekat proses penggorengan Onde-Onde Bo Liem ini. Proses penggorengan onde-onde juga menggunakan prosedur yang ketat dan bisa disaksikan langsung oleh pembeli.

Memakai minyak goreng berkualitas, pembatasan maksimal 250 onde-onde sekali goreng agar matangnya merata hingga penggorengan pada suhu 150 derajat celcius selama 15 menit. Alat penggorenggannya pun juga khusus, karena berukuran jumbo.

Wajan ini mampu langsung menampung 54 liter minyak goreng. “Pemilik toko pun menjamin onde-onde Bo Liem buatannya masih segar karena ia melakukan beberapa kali penggorengan setiap harinya,” tuturnga

Ia kemudian mengatakan, bahwa harus ada inovasi pada teknologi pangan yang memungkinkan kudapan legit ini mampu bertahan lebih lama. Sebab, onde-onde ini sengaja dibuat tanpa bahan pengawet bertahan sampai tiga hari. Ini hanya mampu bertahan 3 hari. Karenanya jika dibawa sebagai oleh-oleh relatif harus cepat dikonsumsi.

“Mungkin teknologi pangan bisa memberikan inovasi agar produk ini bisa bertahan lebih lama meski tanpa bahan pengawet didalmnya. Reseller diberbagai titik juga perlu dijajaki untuk membuka kesempatan kerja UMKM  lebih banyak lagi karena potensinya besar. Karena ini sangat legend bagi Mojokerto dan Jawa Timur pada umumnya,” jelasnya.

Diakhir, Gubernur Khofifah juga mengapresiasi jajaran Pemerintah Kota Mojokerto yang telah memberikan sentuhan klasik di pusat kota. Karena, upaya tersebut bisa menjadi daya tarik masyarakat ke kota Mojokerto dan tentu  menambah  daya beli masyarakat terhadap UMKM di Pusat Kota tersebut.

“Spotnya disini keren. Desain gedung  di sekitaran pendopo kota Mojokerto sangat instagramable. Saya hadir di Mojokerto sekalian untuk mengeksplor keunikan arsitektur,  makanan/minuman serta produk UMKM lokal,” pungkasnya. (Q cox, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *