Politik

Pantau Vaksinasi Massal di GOR Surabaya, Pimpinan DPRD: Warga Antusias dan Tertib, Suwun Rek

168
×

Pantau Vaksinasi Massal di GOR Surabaya, Pimpinan DPRD: Warga Antusias dan Tertib, Suwun Rek

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Upaya percepatan vaksin massal tengah digencarkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Gelaran vaksinasi ini berlokasi di GOR Tambaksari (Gelora 10 Nopember). Guna mendukung percepatan vaksinasi, Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti memantau langsung lokasi vaksinasi massal di GOR Tambaksari pada Selasa (6/7).

Reni menyampaikan vaksinasi berjalan relatif lancar. Nampak antusias warga Surabaya yang berdatangan silih berganti. Masyarakat secara bergelombang mengikuti vaksinasi yang dimulai pukul 07.30 – 17.00 WIB.

“Pelaksanaan diatur sedemikian rupa dengan dukungan 500 nakes, petugas Dinkes, BPB Linmas, dan relawan Surabaya Memanggil. Semuanya bersatu padu mendukung pelaksanaan vaksinasi,” jelas Reni.

Sejumlah 500 tenaga kesehatan (nakes) disiapkan untuk bertugas menyuntik vaksin. Ada pula petugas screening kesehatan. Semuanya disiagakan untuk mempercepat target vaksinasi yang menyasar hingga 50 ribu orang per harinya.

“Saya mengapresiasi Pemkot Surabaya yang tepat dalam memilih lokasi vaksinasi yang berada di GOR Tambaksari dengan space luas, ventilasi udara terbuka, dan paparan sinar matahari secara langsung. Sehingga, meski masyarakat yang hadir mencapai ribuan tidak lantas menyebabkan terjadi kerumunan yang mengkhawatirkan, apalagi Walikota turun langsung beri arahan di lokasi” tambah politisi perempuan PKS ini.

Reni juga mengatakan masyarakat yang datang berbondong-bondong ini sudah diatur. Terlihat warga yang antri suntik vaksin tengah menunggu giliran di tribun. Alurnya, setiap orang secara bergantian akan diarahkan menuju ke tenda-tenda  yang tersedia disekeliking lapangan untuk dilakukan screening kesehatan lalu disuntik vaksin dan kemudian mendapat kertas tanda vaksinasi.

Kehadiran Pimpinan DPRD Surabaya ini dalam rangka mendukung upaya percepatan vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi di Kota Pahlawan ini ditargetkan melampaui 70% total populasi warga Surabaya.

“Pak Walikota tadi bilang ke saya target estimasi mencapai 100% pada September 2021 mendatang. Karenanya Pemkot Surabaya terus menggencarkan vaksinasi kepada masyarakat dan  meminta distribusi stok vaksin dari Pemerintah Pusat agar selalu tersedia untuk Surabaya,” jelas Reni.

Reni menuturkan vaksin memiliki kemanfaatan untuk mengurangi resiko tertular dan resiko keparahan ketika pun misalkan masih terpapar.

“Kepada warga Surabaya yang siap divaksin maka dipersilahkan memanfaatkan kegiatan yang direncanakan hingga Minggu (11/7) di GOR Tambaksari ini. Cukup menunjukan KTP Surabaya maka sudah bisa dilayani. Bagi non-KTP Surabaya bisa menunjukan surat keterangan domisili dari RT/RW. Untuk yang sudah divaksin tetap jaga protokol kesehatan,” ajak Reni kepada seluruh masyarakat Surabaya.

Terakhir, dirinya berharap agar lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi pada beberapa pekan ini bisa segera terkendali dan melandai.

“Vaksinasi menjadi salah satu upaya di samping disiplin prokes dan penyediaan penanganan medis bagi yang bergejala berat di RS agar tidak ada lagi warga  tertolak dan penyediaan ruang isolasi bagi yang bergejala ringan atau OTG untuk yang tidak memungkinkan melakukan isoman di rumah,” pungkas legislator asal Fraksi PKS ini. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *