PeristiwaPolitik

PDIP Surabaya Berangkatkan Bantuan Kloter Ketiga untuk Korban Erupsi Semeru

34
×

PDIP Surabaya Berangkatkan Bantuan Kloter Ketiga untuk Korban Erupsi Semeru

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – PDI Perjuangan Kota Surabaya kembali mengirimkan bantuan untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Sabtu (11/12). Ini merupakan bantuan kloter ketiga, setelah sebelumnya dikirimkan tahap pertama dan kedua pada Senin dan Rabu lalu.

“Kemanusiaan selalu di atas segala-galanya. PDI Perjuangan akan selalu bersama masyarakat dalam suka dan duka. Itulah yang selalu diajarkan Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri, sehingga kami sekuat tenaga berbela rasa dengan saudara-saudara kita di sekitar Semeru,” ujar Taru Sasmito, Bendahara DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya.

Taru mengatakan, bantuan berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari, yang dihimpun dari gerakan gotong royong keluarga besar PDI Perjuangan se-Kota Surabaya.

Taru menyampaikan terima kasih kepada seluruh kader dan pengurus PDIP Surabaya, mulai di tingkat anak ranting (setara RW), ranting (kelurahan), PAC (kecamatan), jajaran DPC Kota Surabaya, dan anggota Fraksi PDIP DPRD Surabaya yang telah bergotong royong membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

Ada pula bantuan gotong royong Komunitas Juang Merah Total (KJMT), yakni kader-kader PDI Perjuangan yang bekerja sebagai pekerja kontrak di DPRD Surabaya.

“Juga terima kasih kepada Pak Eri Cahyadi dan Pak Armuji yang telah mengirimkan bantuan pribadi melalui Kantor DPC PDI Perjuangan. Ada peralatan mandi, mainan anak-anak, susu dan makanan balita, dan lainnya. Para kader semakin solid. Tiga pilar partai berjalan kompak. Bergerak rampak dalam satu barisan membantu warga dalam melintasi masa sulit,” ujar Taru.

Bantuan Sabtu kemarin dibagi dua. Pertama, menuju Kantor DPC PDI Perjuangan Lumajang, yang kemudian akan mendistribusikan ke warga masyarakat yang terdampak erupsi Semeru. Kedua, dikirim ke Lumajang yang diakses dari jalur Malang. Bantuan diterima tim Baguna PDI Perjuangan Kabupaten Malang.

Wakil Ketua DPC PDIP Surabaya Sjukur Amaludin menambahkan, bantuan tahap ketiga terdiri atas berbagai bahan makanan, makanan siap santap, obat, vitamin, perlengkapan perempuan, keperluan bayi, susu, makanan bayi, dan sebagainya.

Ada juga ratusan sarung dan selimut, ada beras, gula, mie instan dan jenis sembako lainnya. Pengiriman dilakukan dengan menggunakan truk berukuran besar.

“Tim Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Surabaya juga telah mengadakan bakti sosial kesehatan di desa-desa sekitar Gunung Semeru untuk membantu warga masyarakat,” ujar Amaludin.

Wakil Sekretaris DPC PDIP Surabaya, Anas Karno, menjelaskan tim Baguna yang ada di Lumajang berkoordinasi dengan Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya melalui sambungan video. Mereka melaporkan penyaluran bantuan hingga pelaksanaan baksos pemeriksaan kesehatan untuk warga.

“Kami telah menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak erupsi Semeru, yang diakses dari sisi jalur Malang. Bantuan kemarin malam diterima kawan-kawan Baguna PDI Perjuangan Kabupaten Malang,” ujar Anas.

“Semangat kawan-kawan selalu menyala. Lelah badan membantu warga seolah tak dirasakan karena semua gerak kita didasari rasa kemanusiaan. Hormat dan terima kasih kepada tim Baguna yang standby di Lumajang,” ujar Anas Karno, yang juga Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya.

Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, Achmad Hidayat, mengatakan pihaknya juga mendapatkan kiriman 600 matras dari DPLN (Dewan Perwakilan Luar Negeri) PDI Perjuangan Belanda. Ini untuk membantu korban erupsi Semeru.

“Kami berterima kasih atas bantuan kawan-kawan PDI Perjuangan yang berada di Belanda. Bantuan 600 matras sudah kami terima di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, kemudian kami salurkan ke Lumajang untuk warga masyarakat korban erupsi Semeru,” kata Achmad Hidayat. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *