Permudah Masyarakat, Dispendukcapil Tanbu Siapkan Inovasi Layanan hingga ke Desa

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Berbagai upaya dilakukan pihak Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Dispendukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu guna memaksimalkan pelayanan terhadap warganya kini mulai ditingkatkan.

Kadispendukcapil Eka Syafruddin mengatakan, tidak lama lagi pelayanan Dispendukcapil bisa diakses hingga tingkat desa, yang sat ini sedang dilakukan persiapan sarananya.

“Kita perlu server yang besar. Supaya tidak ada masalah nanti kalau banyak penggunananya,” kata Eka Syafruddin kepada wartawan, Rabu (3/3) kemarin.

Eka menjelaskan atas tujuan itu, yakni masyarakat tidak lagi jauh ke pusat kota hanya untuk mengurus berkas data kependudukan.

“Apalagi sekarang kan pandemi. Jadi harapannya, di sini tidak ada lagi warga ramai atau berkerumun,” ungkapnya.

Sebutnya lagi, beberapa waktu lalu layanan mereka sempat ditutup. Karena ada pegawai yang terpapar corona. Untuk itu dia mengupayakan, kemudahan layanan agar tidak terjadi penumpukan orang di sana.

Diminta tanggapannya, warga Bumi Bersujud menyambut baik rencana itu. Setidaknya lebih mempermudah segala urusannya.

“Mestinya begitu. Kalau ke kota jauh kami. Urus berkas memang bagusnya dari desa saja,” kata Randi warga Kecamatan Kusan Hilir.

Berdasarkan pantauan media, layanan Disdukcapil Tanah Bumbu berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat. Jarak duduk diatur, masuk dicek dulu suhu tubuh. Kemudian harus melalui bilik disinfektan. (q cox, Imran)

Reply