Pesta Laut 2022 di Tanah Bumbu Bakal Digelar dengan Prokes Ketat

BATULICIN (Suarapubliknews) – Hasil rapat Bupati Tanah Bumbu HM.Zairullah Azhar bersama lembaga adat ogi tentang rencana pesta laut telah menghasilkan keputusan yang diharapkan.

Dalam rapat itu Bupati menyetujui tentang pelaksanaan nya yang mana selama 2 tahun ini terkendala pandemi Covid 19.

“Alhamdulillah, pemerintah mendukung dan sangat menyetujui gelar adat pesta laut di pantai Pagatan tahun ini,” kata Ketua Lembaga Adat Ogi Pawahisah Mahabattan saat rapat bersama Bupati di ruang rapat Bupati. Selasa (08/02/2022)

Namun jika dilaksanakan tentu ada perbedaan dibandingkan tahun sebelumnya, mengingat belum berakhirnya masa pandemi maka perayaan ada ketentuan atau dalam hal pembatasan acara. Didalamnya akan dikemas lebih islami dan berkolaborasi dengan bentuk kearifan lokal seperti halnya.

“Tak hanya itu, rangkaiannya akan diisi sebuah Tausyiah Akbar dan sholat bersama di lokasi pesta laut serta menampilkan berbagai event lomba budaya adat ,” terang Pawahisa.

Lanjutnya, Ini berkenaan dengan pesan Bupati, bagaimana melalui pesta laut ini bisa menumbuh kembangkan kearifan lokal, dimana pesta laut adalah pestanya rakyat yang tidak bisa dipisahkan dengan hari jadi Tanah Bumbu.

Diketahui, bahwa perayaan kelak akan dilaksanakan di tempat semula yaitu kawasan panggung wisata atau Koramil kota Pagatan, namun kegiatan tersebut akan menerapkan standar protokol kesehatan. (q cox, Imran)

Reply