Pimpinan DPRD Surabaya Apresiasi Tradisi Pemkot Peduli Korban Bencana Alam

SURABAYA (Suarapubliknews) – Merespon kebutuhan mendesak akibat erupsi Gunung Semeru, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kemudian mengirimkan puluhan personel, kendaraan berat, dan bantuan logistik bagi korban terdampak, Minggu (5/12/2021).

Hal demikian dikonfirmasi dan lantas mendapat apresiasi dari Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti saat dihubungi melalui sambungan telpon pribadinya.

“Saya dapat info dari pak Walikota bahwa Surabaya membantu korban erupsi Semeru, ini bentuk langkah Pemkot Surabaya yang senantiasa peduli dan membantu saudara-saudara kita di wilayah lain yang terkena musibah bencana alam,” ucap Reni.

Politisi PKS ini juga menuturkan bahwa pemberian bantuan materi dan tenaga tersebut telah menjadi tradisi dari Pemkot Surabaya untuk turut andil meringankan penderitaan korban bencana alam.

“Bantuan yang disalurkan ini semoga dapat mempercepat penanganan bencana dan pemulihan kehidupan sosial masyarakat terdampak, jika masih dibutuhkan saya berharap bantuan bisa ditambah, makin banyak dan cepat makin baik,” harap Reni.

Diketahui, sebanyak 55 personel bantuan dikerahkan dari gabungan tim BPB Linmas, Dinas PMK, Satpol PP, dan Dinsos dalam upaya penanganan dampak erupsi Gunung Semeru.

Berbagai kendaraan berat pun diterjunkan serta bantuan logistik juga disalurkan di antaranya mie instan sebanyak 60 dus, biskuit sejumlah 17 dus, dan selimut berjumlah 200 buah.

Legislator PKS tersebut pun menyebutkan bahwa Pemkot Surabaya kerap andil dalam memberikan bantuan kepada daerah-daerah lain yang terkena musibah bencana alam.

Teranyar November lalu, Pemkot Surabaya mengirimkan bantuan personel dan alat berat untuk penanganan dampak bencana banjir bandang di Kota Batu.

Sebelumnya, April 2021, Pemkot Surabaya juga menyerahkan bantuan kemanusiaan bagi korban terdampak bencana alam di  Nusa Tenggara Timur.

Pada awal tahun, Pemkot Surabaya pun mengirimkan bantuan logistik kepada korban bencana alam di Kabupaten Jember yang terjadi Februari lalu.

Dipimpin Ketua BPB Linmas Irvan Widiyanto, usai melaksanakan apel persiapan di Balai Kota, bantuan kemanusiaan Pemkot Surabaya lalu diberangkatkan pada Minggu (5/12) pagi. (q cox)

Reply