Polisi Gagalkan Pembobol ATM Pakai Alat Las, Satu Pelaku Kabur

SIDOARJO, (Suarapubliknews) – Aksi pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) menggunakan las gas digagalkan polisi. Mesin ATM terletak di dalam minimarket yang berlokasi di Desa Keramatjegu, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo.

Berdasarkan rekaman video yang beredar, terlihat beberapa polisi bersenjata mengamankan tersangka yang berkaos hitam serta mengenakan topi hitam. Terlihat kerumunan warga ikut menyaksikan penangkapan pelaku.

Dalam aksinya, pelaku diketahui masuk toko dengan cara melubangi rolingdoor toko dan juga berusaha membuka mesin ATM dengan cara merusak menggunakan Las. Satu pelaku berhasil dibekuk polisi, satu pelaku berhasil kabur. Di sekitar mesin ATM terlihat sebuah tabung gas, tas berwarna merah dan sebuah linggis. Di bagian samping bawah, tersangka berusaha melubangi mesin ATM.

“Satu pelaku meninggalkan temannya saat aksi pencurian berlangsung,” tetang Kapolsek Taman,  Kompol Heri Susetyo, Kamis (19/11/2020).

Kompol Heri Susetyo menjelaskan, pelaku yang berhasil dibekuk diketahui bernama, Sugeng Supriyono (29) warga Jalan H. Syukur Kelurahan Sedati Gede, Kecamatan Sedati. Berdasarkan keterangan saksi, aksi percobaan pembobolan ATM terjadi pada Kamis sekitar pukul 02.30 dini hari.

“Begitu mendapat laporan, anggota reskrim kita langsung menuju lokasi. Nah saat kami datang, tersangka ternyata masih di dalam minimarket dan berusaha  kabur lewat plafon namun gagal,” terang Heri.

Heri menerangkan, tersangka Sugeng bersama rekannya diketahui bernama Faisol Pramudia, namun ia berhasil kabur. Saat diperiksa, tersangka Sugeng mengaku juga pernah mencoba membobol empat ATM diantaranya ATM Bank Mandiri di Gresik, ATM BNI di Mojokerto, ATM BNI di Wonoayu Sidoarjo dan ATM Bank Jatim di Seruni, Gedangan.

“Kami berhasil mengamankan satu set tabung las dan LPG, linggis, gembok, rantai dan sebuah helm. Kami juga masih mengejar tersangka Faisol,” pungkas Heri. (q cox, drie)

Reply