Jatim RayaOlahragaPemerintahan

Porprov Jatim VII 2022 di Jember, Gubernur Khofiah: Ajang Pencarian Bibit Atlet Nasional – Internasional

26
×

Porprov Jatim VII 2022 di Jember, Gubernur Khofiah: Ajang Pencarian Bibit Atlet Nasional – Internasional

Sebarkan artikel ini

JEMBER, (Suarapubliknews) – Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VII 2022 akan digelar di Jember Sport Garden, Sabtu (25/6). Seluruh pihak mempersiapkan yang terbaik untuk ajang olahraga dua tahunan ini.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan pentingnya Porprov Jatim VII ini sebagai ajang pencetak atlet prestasi. Tak hanya di level nasional saja, namun juga sampai ke kancah internasional. “Saya optimistis Porprov akan menjadi ajang pembibitan atlet muda Jatim yang hebat di masing-masing 47 Cabang Olahraga (cabor),” katanya

Porprov VII Jatim 2022 digelar mulai 25 Juni hingga 3 Juli 2022 di empat kabupaten, yakni Kabupaten Jember, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso. Sebanyak 47 cabang olahraga dipertandingkan dengan enam cabang olahraga baru yang dieksebisikan. Jumlah peserta yang ikut sebanyak 10.151 atlet, 823 ofisial tim, 3.512 ofisial cabang olahraga, sehingga total yang hadir adalah 14.486 peserta.

Kegiatan Porprov ini berkontribusi membangun suasana sportivitas di antara para atlet, serta semangat _borderless_ atau tanpa ada sekat di antara suku yang berbeda satu sama lain. “Dari olahraga, kita ini saling memberikan perlakuan setara, tanpa melihat suku agama dan adat istiadat, olah  raga dapat mempetkuat persatuan kesatuan serta sportifitas ” lanjut Gubernur Khofifah.

Acara pembukaan Porprov Jatim 2022 dimeriahkan dengan berbagai macam hiburan, antara lain penampilan drumband SMA Taruna Brawijaya, senam  PERWOSI dan penampilan tari daerah yang diikuti 1.500 penari dengan menampilkan 10 macam tarian di Indonesia. Sebanyak 1.500 orang ibu-ibu juga akan nelakukan flash mob bersama di lapangan JSG, sekaligus membuat konfigurasi  “Optimis Jatim Bangkit”.

Sedikitnya 850 UMKM beserta ratusan pedagang asongan turut terlibat dalam bazaar UMKM. Mereka semua merupakan warga Jember. Untuk itu, sesuai arahan Gubernur Khofifah, Porprov Jatim VII diharapkan dapat mendongkrak ekonomi masyarakat setelah dua tahun belakangan terdampak pandemi.

Lalu akan ada penampilan seni dari Watu Ulo, Linkrafin, dan band lokal Jember diiringi semarak pesta kembang api. Tak lupa, beberapa artis tanah air ikut meramaikan Porprov Jatim, yakni Wandra,Vita Alvia, Nowela, Ragilda Idol, band Kotak. Khusus Ragilda Idol menyanyikan lagu jingle Porprov Jatim ciptaan Gubernur Khofifah berjudul ‘laga’. Acara ditutup dengan penampilan grup band pop tanah air, Kotak yang membawakan 10 lagu.

Demi memeriahkan Porprov Jatim VII kali ini, fun bike diadakan di dua kabupaten sekaligus, yakni Jember dan Lumajang. Selain itu, juga terdapat kirab api Porprov yang diambil dari Gunung Ijen Bondowoso, lalu dilanjutkan kirab maskot Porprov Jatim VII.

Pelaksanaan kirab api Porprov dan maskot ini dilakukan dengan mengelilingi sebagian tempat di Jember. Kirab ini dilakukan untuk mengajak masyarakat menyongsong kegiatan yang sama, terutama kegiatan olahraga dalam Porprov. (Q cox, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *