Putus Mata Rantai Covid-19, DPW Nasdem Jatim Gelar Rapid Tes untuk Pengurus, Kader dan Awak Media

SURABAYA (Suarapubliknews) – Selama 2 hari berturut turut, Sabtu tgl 09 Mei pkl 10.00 – 20.00 dan Minggu tgl 10 Mei pkl 10.00 – 20.00, DPD Nasdem Jatim menggelar rapid tes untuk seluruh pengurus se-Jatim dan kader.

Tidak hanya itu, dalam momen tersebut DPD Nasdem Jatim juga memberikan kesempatan kepada puluhan awak media untuk mengikuti rapid tes sebagai upaya deteksi dini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Keterangan ini disampaikan Vinsensius Awey Koordinator Gugus Tugas Penangganan Covid 19 DPW Nasdem Jatim, karena selama dua bulan terakhir banyak pengurus dan kader partai yang terlibat kegiatan lapangan.

“Mereka rutin turun untuk membagikan sembako, melakukan penyemprotan disinfektan diberbagai lokasi dan pembagian APD pada sejumlah RS rujukan penyanggah. Hampir semua pengurus dan kader yang turun ke lapangan pasti bersinggungan dengan banyak orang,” ucap Vinsensius Awey. Minggu (10/05/2020)

Untuk pekerja media, Awey menilai bahwa kerja-kerja jurnalistik termasuk yang cukup berisiko dalam situasi pandemi seperti ini, karena rata-rata masih memiliki mobilitas tinggi.

“Mereka juga tetap harus berinteraksi dengan banyak orang. Terutama yang masih harus ke lapangan,” katanya.

Dalam kegiatan rapid tes, DPD Nasdem Jatim menggandeng delapan petugas medis (2 shift) dari Gugus Tugas Penangganan Covid 19 DPP Nasdem yang dimintai tolong mengambil sampel darah para peserta tes.

Mantan anggota DPRD Kota Surabaya 2014 – 2019 yang akrab disapa Bang Awey itu menilai kondisi seperti itu tentu mengkhawatirkan. Sebab, tidak ada yang tahu status orang yang pernah kontak saat bertugas di lapangan.

“Itulah pentingnya rapid test. Jadi, itu sebagai langkah deteksi dini agar yang memang terindikasi bisa segera mendapat penanganan.

Awey menuturkan, yang dinyatakan non reaktif boleh langsung pulang. Sedangkan yang hasilnya reaktif langsung dimasukkan ruang isolasi sementara yang tersedia dikantor DPW Nasdem Jatim.

“Kita sudah menyiapkan dua mobil siaga. Jadi, yang reaktif langsung dibawa ke RSUD dr Soetomo untuk dilakukan swab,” terangnya.

Diakhir paparannya, Awey berharap pandemi ini segera berakhir dan semua kembali berjalan normal. (q cox)

Reply