Rayakan Hari Jamu Nasional 2021, Jamu IBOE Edukasi Jamu Sebagai Warisan Heritage

SURABAYA (Suarapubliknews) – Sejak ditetapkan sebagai Peringatan Hari Jamu Nasional pada 2008 oleh mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, 27 Mei selalu menjadi spesial bagi para penggiat hingga para pelaku industri jamu.

Direktur Utama Jamu Iboe Jaya, Stephen Walla mengatakan tahun ini Jamu IBOE secara aktif turut merayakan Hari Jamu Nasional dengan berbagai kegiatan yang diadakan selama sebulan, mulai tanggal 27 Mei hingga 27 Juni 2021.

“Seluruh kegiatan tersebut diadakan dalam upaya Jamu IBOE mensosialisasikan, mengedukasi dan menimbulkan kesadaran khususnya kepada generasi milenial tentang keberadaan jamu yang merupakan warisan heritage dari kebudayaan kita yang luhur,” katanya.

Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah Kolaborasi Talkshow virtual bersama Solopos dengan mengangkat tema “Jamu Antara Kesehatan dan Gaya Hidup”. Dalam acara ini turut hadir pula Bupati Sukoharjo dan Peneliti di Rumah Riset Jamu B2P2TOOT sebagai narasumber.

Talkshow bersama dengan Prodi Battra Fakultas Vokasi Unair serta Penandatanganan MoU Kerjasama antara Jamu IBOE dengan Fakultas Vokasi Unair. Penandatanganan MoU kerjasama ini diwakilkan Stephen Walla selaku Direktur Utama Jamu IBOE.

“Hal ini merupakan langkah awal untuk menyelaraskan program link and match antara Fakultas Vokasi Unair dengan kebutuhan industri, khususnya Jamu IBOE. Sehingga terciptanya pengembangan SDM untuk perkembangan ekonomi,” terang Stephen Walla

Pemberian materi sejarah dan perkembangan jamu kepada Duta Wisata Raka-Raki Jawa Timur, Duta Anti Narkoba Sidoarjo dan Duta Kampus Unisma. Talkshow virtual bersama dengan Alat Kesehatan ID. Talkshow virtual dengan Yayasan Negeri Rempah yang membahas tentang 111 Tahun Jamu IBOE. Dan Talkshow dengan tema “Produk Kolonial di era Milenial” bersama Surabaya Suite Hotel.

Serta mengadakan acara “Njamu Bareng Jamu IBOE” yaitu merupakan kegiatan kunjungan ke beberapa panti asuhan untuk menyambung silahturahmi. Rangkaian acara ini diisi dengan doa bersama, minum jamu dan pemberian bingkisan.

Dari seluruh rangkaian kegiatan ini disambut hangat oleh masyarakat. Oleh karena itu Jamu IBOE juga menyelenggarakan lomba PPKM (Pikir-Pikir Kreasi Menu) yaitu lomba kreasi makanan, minuman dan dessert yang diselenggarakan secara online di media sosial dengan menggunakan produk IBOE Natural Drink. Periode lomba ini dari tanggal 26 Juli hingga 26 Agustus 2021.

“Besar harapan kami untuk kedepannya, jamu selalu melekat dihati dan ingatan masyarakat, sehingga produk warisan nenek moyang yang luhur ini tidak dilupakan. Kami juga berharap jamu dapat kembali menjadi healthy lifestyle masyarakat Indonesia dalam kesehariannya terutama dimasa pandemi seperti saat ini,” tutupnya. (q cox, tama dinie)

Reply