Reses di Banyu Urip, Reni Astuti Launching Rumah Aspirasi: Mendekatkan Warga dan Pemberdayaan Masyarakat

SURABAYA (Suarapubliknews) – Momen menarik terjadi saat reses Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti di daerah Banyu Urip, Selasa (17/5). Pada kesempatan ini Pimpinan DPRD Surabaya tersebut juga me-launching Rumah Aspirasi dengan tagline ‘Sayangi Rakyat’.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, kita launching, saya buka Rumah Aspirasi Reni Astuti Sayangi Rakyat,” ucapnya disambut riuh tepuk tangan para hadirin sekalian.

Pimpinan DPRD Surabaya ini menyampaikan apresiasi atas segala dukungan yang diberikan. Ia pun berharap dengan adanya Rumah Aspirasi ini mampu memberikan kemaslahatan bagi Kota Pahlawan.

“InsyaAllah dari sini kita akan melahirkan kemanfaatan, dari sini kita akan melahirkan kebaikan-kebaikan untuk Surabaya,” ujarnya.

Ke depan, sambung Reni, rumah aspirasi ini akan difungsikan sebagai upaya mendekatkan akses bagi warga yang tidak bisa bertemu secara langsung maupun butuh waktu bila ke kantor dewan, alhasil dapat menuju ke lokasi ini untuk kemudian menyampaikan dan akan dilayani oleh staf yang bertugas.

Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyampaikan bahwa selain sebagai tempat aduan warga, rumah aspirasi ini juga memiliki fungsi pemberdayaan masyarakat karena memanfaatkan tempat kafe yang juga memiliki kolam ikan lele, sehingga dapat menunjang berbagai kegiatan positif warga.

“Tidak hanya sebagai rumah aspirasi tapi juga punya fungsi pemberdayaan masyarakat, mau ada kegiatan anak muda di sini? mau ada kegiatan ibu-ibu di sini untuk kegiatan parenting atau kegiatan apa? Dari sini saya tadi bilang akan melahirkan kebaikan untuk Surabaya,” terangnya.

Politisi PKS ini mengatakan bahwa prinsipnya terkait dengan pengaduan masyarakat itu sendiri pihaknya tidak membatasi, baik melalui sosial media maupun dengan bertemu langsung.

“Bicara pengaduan saya tidak membatasi ya, bisa lewat sosmed saya, bisa langsung ke kantor dewan, bisa WA. Rumah Aspirasi ini lebih kepada sisi memanfaatkan lokasi lebih mendekatkan masyarakat kemudian pemberdayaan ekonomi ada di sini, ini fungsinya untuk pemberdayaan masyarakat,” tekannya.

Kehadiran Rumah Aspirasi ini pun disambut senang oleh para warga setempat, Ketua RW IX Banyu Urip Tri Kusnanto mengaku bahwa inovasi yang dilakukan Reni begitu berarti untuk masyarakat.

Para pengurus kampung dan warga, lanjut Tri, juga akan memberikan dukungan kepada wakil rakyat Kota Pahlawan itu terkait dengan launching Rumah Aspirasi Sayangi Rakyat.

“Ini sepak terjang dari bu reni. Jadi saya sangat salut ya, yang selama ini belum pernah dilakukan oleh anggota dewan manapun,” jelasnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Dewan itu karena telah banyak membantu warga dengan hadir langsung di tengah-tengah masyarakat.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih sama bu reni, banyak warga yang menyampaikan terbantu. Alhamdulillah karena figur bu Reni lah yang ini kita harapkan dari masyarakat surabaya,” terangnya.

Dalam jaring aspirasi masyarakat ini Reni menerima berbagai aduan, mulai dari persoalan warga perihal prosedur dan teknis pembiayaan BPJS Kesehatan hingga laporan terkait Kader Surabaya Hebat yang mendapat banyak beban tugas. (q cox)

Reply