Safari Ramadan di Masjid Cheng Hoo, Wali Kota Eri Cahyadi Serukan Toleransi Antar Umat Beragama

SURABAYA (Suarapubliknews) – Safari Ramadan Wali Kota Eri Cahyadi kali ini berbeda dari sebelumnya, selain berbagi kursi roda kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), juga ada pembagian sedekah dan infaq untuk anak yatim piatu bersama lintas agama dan pengurus takmir Masjid Muhammad Cheng Hoo, di Jalan Gading No.2, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya, Selasa (26/4/2022).

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, di Safari Ramadan kali ini menandakan bahwa antar umat beragama di Kota Pahlawan sangat menjunjung tinggi toleransi meski berbeda keyakinan. Oleh karena itu, Wali Kota Eri Cahyadi ingin pada Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) Ke 729 mendatang membentuk wadah lintas antar umat beragama bagi anak-anak muda Kota Pahlawan.

“Jadi nanti saya ingin membentuk dan membuat suatu wadah yang terdapat anak-anak muda dari berbagai lintas beragama. Ada pemuda masjid, pemuda gereja, pemuda vihara dan sebagainya, yang nantinya akan menjadi kekuatan besar. Dan hari ini, dicontohkan oleh Masjid Cheng Hoo,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Contoh baik yang diterapkan oleh masjid Muhammad Cheng Hoo kali ini diharapkan Wali Kota Eri Cahyadi, bahwa Kota Surabaya akan menjadi semakin sejahtera, makmur dan tenang bagi seluruh warganya ketika saling menjaga toleransi antar umat beragama maupun etnis.

“Dawuhe Gusti Allah (wejangan Allah SWT) itu kan sudah jelas, lakum dinukum waliyadin. Bagimu agamamu, bagiku agamaku, ketika urusan dunia kita mengerjakan secara bersamaan antar umat beragama dan ketika tidak saling memusuhi, maka itu adalah keluarga kita,” tuturnya.

Setelah membagikan 53 kursi roda kepada warga MBR Kecamatan Genteng, wali kota yang akrab disapa Cak Eri itu berbuka dan salat magrib bersama pengurus takmir masjid Cheng Hoo. Kemudian, ia melanjutkan rangkaian giat Safari Ramadan di masjid An-Nur Jalan Kalisari No 7 untuk melaksanakan salat tarawih.

“Matur nuwun nggih (terima kasih ya) bapak dan ibu, semoga kursi rodanya berkah dan doakan Surabaya menjadi kota yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur. Semoga dengan kursi roda ini nanti bapak dan ibu bisa turut serta hadir salat idul fitri berjamaah,” pungkasnya. (q cox)

Reply