NasionalPolitik

Safruddin H. Maming Janjikan 1000 Bea Siswa Untuk Warga Yang Tak Mampu

52
×

Safruddin H. Maming Janjikan 1000 Bea Siswa Untuk Warga Yang Tak Mampu

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Calon Bupati Tanah Bumbu nomor urut satu (1) Syafruddin H. Maming janjikan program 1.000 beasiswa di tingkat S1, S2, dan S3 untuk pelajar Tanah Bumbu yang berprestasi namun tidak memiliki kemampuan secara ekonomi.

Ini adalah upaya mempersiapkan masa depan sumber daya manusia Tanah Bumbu.

“Pendidikan tinggi ini penting untuk membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanah Bumbu. Kita harus mempersiapkan pemimpin-pemimpin masa depan Tanah Bumbu dari sekarang.Oleh karenanya, pemerintah daerah harus hadir dan menolong pelajar-pelajar yang berprestasi tapi tidak mampu,” kata Syafruddin di Desa Karang Bintang, Kamis (15/10/2020).

Menurut Syafruddin, tidak sedikit pelajar Tanah Bumbu yang sangat potensial namun terkendala secara ekonomi.

“Oleh karenanya, saya selaku Ketua Yayasan H. Maming sudah berupaya memberikan beasiswa untuk pelajar-pelajar tersebut melalui Yayasan H. Maming”ujarnya

Saat ini sudah ada sekitar 150 pelajar yang mendapatkan beasiswa dari Yayasan H. Maming, masih terbatas karena hanya dana yayasan.

“Jika saya diberi amanah untuk melayani masyarakat dan diberi kepercayaan mengelola anggaran daerah, tentu manfaatnya bisa berlipat-lipat. Anggaran daerah bisa membiayai hingga 1.000 pelajar potensial namun terkendala ekonominya,” imbuhnya

Adapun pembiayaan pendidikan dasar (SD) dan menengah pertama (SMP) saat ini sebenarnya sudah jadi tanggung jawab pemerintah pusat. Sedangkan pembiayaan pendidikan menengah atas (SMA), sudah dilimpahkan ke anggaran pemerintah provinsi.

“Oleh karenanya, tanggung jawab pemerintah kabupaten adalah membantu akses masyarakat ke pendidikan tinggi. Kalau ada yang masih menjanjikan pendidikan gratis 12 tahun, sudah pasti tidak paham bahwa pendidikan dasar dan menengah itu bukan lagi kewenangan pemerintah kabupaten, melainkan kewenangan pemerintah pusat, alias Memang sudah gratis” tandas Syafruddin.

Lelaki yang biasa disapa Cuncung ini juga menginginkan ada calon – calon pemimpin masa depan yang muncul dari program beasiswa ini. Ia bercermin dari pengalaman dirinya dan adiknya Mardani.

“Kami beruntung bisa mendapatkan akses ke pendidikan tinggi. Kami ingin lebih banyak lagi pemuda pemudi Tanah Bumbu punya kesempatan yang sama, supaya akan lebih banyak lagi Mardani dan Syafruddin baru di Tanah Bumbu”pungkasnya yang disambut tepuk tangan yang meriah dari warga Karang Bintang. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *