NasionalPemerintahan

Sambut Hari Jadi ke 19, Pemkab Tanbu Gelar Berbagai Lomba Permainan Tradisional

18
×

Sambut Hari Jadi ke 19, Pemkab Tanbu Gelar Berbagai Lomba Permainan Tradisional

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Songsong Hari Jadi Tanah Bumbu (HJTB) ke 19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar berbagai lomba, yang secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu H.Muh.Rusli. Rabu (30/03/2022)

Diantaranya, Lomba Balogo yang merupakan salah satu even terbuka untuk umum, selain itu juga lomba Bagasing serta kreasi barang bekas dan lomba Bakiak juga lomba Karung.

“Melalui lomba Balogo, sejatinya kita akan mengembalikan atau pun melestarikan budaya budaya olahraga yang sempat dilakoni para pendahulu kita,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Dan Budaya Kabupaten Tanah Bumbu Hamaludin Taher saat melaporkan kegiatan lomba.

Dalam kesempatan itu,Wabup Tanbu menyampaikan. Dalam lomba ini didalamnya menyertakan kreasi barang bekas yang sejatinya turut memanfaatkan hasil limbah sehingga bisa produktif dan bernilai.

“Secara langsung kita turut mendukung pemerintah untuk meminimalisir pencernaan lingkungan,” kata Wabup M.Rusli.

Wabup turut mengapresiasi lomba Balogo antar SKPD maupun masyarakat umum dalam rangka memeriahkan HuT Tanah Bumbu ke 19.

Menurutnya, ini sebagai usaha untuk pelestarian nilai budaya melalui olahraga dan permainan tradisional perlu diperkenalkan dengan generasi muda.

Sehingga dapat mengetahui dan menghargai nilai nilai luhur dari budaya masa lalu yang memang sangat perlu dilestarikan keberadaannya.

“Melalui pelaksanaan ini menjadi momentum bagi kita semua guna terus mengembangkan kreasi budaya kita hingga menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam pengelolaan limbah atau daur ulang barang bekas menjadi barang yang memberi manfaat” tutupnya. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *