BisnisJatim Raya

Sang Juara, ITS Jadi Tuan Rumah Penyisihan KRI 2022 Wilayah I dan II

9
×

Sang Juara, ITS Jadi Tuan Rumah Penyisihan KRI 2022 Wilayah I dan II

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember kembali ditunjuk sebagai tuan rumah ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022 oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Diawali dengan babak penyisihan wilayah I dan II yang resmi dibuka secara daring dari Auditorium Research Center (RC) ITS.

Ketua Pelaksana KRI 2022 Dr I Ketut Edi Purnama ST MT menyebutkan KRI tingkat wilayah ini diikuti oleh 313 tim dari 114 perguruan tinggi di 22 provinsi dan 14 wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). “Dari wilayah I terdapat 152 tim dan 161 tim dari wilayah II,” beber Dekan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS ini.

Seperti diketahui, KRI adalah kegiatan kompetisi tahunan mahasiswa dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Kompetisi ini terdiri dari dua tingkatan, yaitu tingkat wilayah dan tingkat nasional.

Ratusan tim tersebut tersebar di enam divisi perlombaan. Yakni divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) diikuti oleh 46 tim, 99 tim bertanding di divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), dan 38 tim mengikuti divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

Selanjutnya, divisi Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) Beroda diikuti oleh 52 tim, divisi KRSBI Humanoid diikuti oleh 19 tim, serta divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) diikuti oleh 59 tim.

Dilaksanakan secara hybrid, para peserta mengikuti kompetisi secara daring, sedangkan para juri menilai peserta secara terpusat dari gedung RC ITS. Penilaian akan berlangsung mulai tanggal 8-13 Juni 2022. Berbeda dengan pagelaran KRI sebelumnya, pemenang tiap wilayah akan diumumkan di akhir acara. “Pengambilan pemenang tetap dilaksanakan saat itu juga, hanya saja pengumumannya ada di akhir,” paparnya.

Tak sekadar kompetisi, Wakil Rektor I ITS Prof Dr Ir Adi Supriyanto MT dalam sambutannya mengatakan bahwa KRI ini juga menjadi wadah mencari talenta di bidang robotika yang mendukung masa depan bangsa Indonesia. “ITS akan terus mendukung penuh kompetisi ini karena sejalan dengan motto kami (ITS, red) yaitu Advancing Humanity,” tutur guru besar Teknik Elektro ini.

Di akhir, keduanya berpesan kepada para peserta untuk mengikuti kompetisi dengan adil dan jujur. Tak kalah penting dari medali, di kompetisi ini peserta dapat belajar menguji diri sendiri serta ketangguhan ide dan gagasan mereka. “Ini juga sebuah proses membina karakter, kebersamaan, fairness, dan sebagainya yang ditegakkan oleh dewan juri,” tandasnya. (Q cox, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *