Satlantas Polres Sidoarjo Dibanjiri Masyarakat, Kenapa? Ini Jawabannya

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Sejak rogram Smart SIM diluncurkan pada 22 September 2019 lalu, Kantor Satlantas Polresta Sidoarjo terus dibanjiri masyarakat pemohon yang tetap rela mengantri berjam–jam agar bisa mendapatkan Surat Ijin Mengemudi multi fungsi ini.

”Jadi mereka yang berhak mendapatkan Smart SIM baru ini, yang sebelumnya telah dinyatakan lulus dalam melakukan tes tulis maupun tes praktek oleh Petugas Satlantas Polrestas Sidoarjo,” tegas Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, Kompol Fahrian S Siregar, usai memantau para pemohon yang berjubel, Kamis (3/10/2019) kemarin.

Menurut Kompol Fahrian, antrian panjang untuk mengambilan SIM ini terjadi sejak di berlakukannya akhir bulan lalu. Sehingga membuka layanan pagi hingga hingga malam hari, untuk melayani para pemohon dalam membuat Smart SIM baru. Bahkan telah membuka layanan pencetakan di hari minggu.

Namun, para pemohon juga mengaku rela mengantri dengan harapan untuk mendapatkan Smart SIM baru, karena bentuk fisik SIM ini sangat berbeda dengan yang lama. Selain itu, Smart SIM yang baru bisa dijadikan sebagai kartu debet untuk berbelanja. Itulah akhirnya para pemohon rela berjubel mengantri.

”Meski belum ada peningkatan yang cukup signifikan, kami telah mempersiapkan langkah antisipasi, termasuk penyediaan material SIM. Jadi dalam sehari, tercatat ada sekitar 90 SIM tercetak, baik untuk pemohon SIM baru maupun untuk pemohon yang melakukan perpanjangan,” ujar Fahrian.

Fahrian mengatakan, masyarakat tak perlu khawatir terkait pencetakan Smart SIM di Polresta Sidoarjo, karena petugas siap bekerja ekstra untuk melayani masyarakaat dan semua akan terlayani mulai pagi hingga petang.

Data di Satlantas Polresta Sidoarjo menyebut, tunggakan material SIM atau warga yang sudah mengurus tapi belum mendapat SIM-nya ada sekitar 10 ribu orang. Dengan kondisi 16 ribu material yang turun dari Korlantas, berarti jumlah tunggakan itu bakal teratasi. Sisanya untuk warga yang mengurus SIM baru atau perpanjangan.

Smart SIM terbaru, selain berfungsi untuk SIM, kartu ini bisa berfungsi sebagai uang elektronik yang bisa menyimpan saldo sampai Rp2 juta, serta beberapa fungsi lain.

”Ada tiga fitur utama yang dibenamkan dalam Smart SIM. Termasuk data forensik pribadi serta pelanggaran yang dilakukan pengemudi, e-money,” urainya. (q cox, NH)

Reply