Jatim RayaPemerintahanPeristiwa

Sertijab Komandan Lantamal V, Wagub Emil Harapkan Sinergitas Pemprov Jatim dan Lantamal V Terus Berlanjut dan Ditingkatkan

41
×

Sertijab Komandan Lantamal V, Wagub Emil Harapkan Sinergitas Pemprov Jatim dan Lantamal V Terus Berlanjut dan Ditingkatkan

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berharap sinergitas Pemprov Jatim dengan Lantamal V terus berlanjut dan semakin ditingkatkan. Pesan itu disampaikan saat menghadiri serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono yang resmi menjabat sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V di lapangan apel Mako Lantamal V Perak, Surabaya, Jumat, (19/5).

Sebagai informasi, Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono menggantikan Laksamana Pertama TNI Supardi. Proses serah terima jabatan dipimpin langsung Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah.

“Saya ucapkan selamat. Jabatan merupakan amanah yang harus dijaga dan senantiasa ikhlas dalam menjalankannya. Saya yakin dengan sederet pengalaman yang dimiliki, beliau mampu menjaga wilayah teritorial laut di Jatim,” ucapnya setelah mengikuti upacara Sertijab.

Tidak sekadar menjaga wilayah teritorial laut di Jatim, Wagub Emil mengatakan, kerjasama antara Pemprov Jatim dengan Lantamal V sudah terjalin sejak tahun 2015. Berbagai kontribusi nyata antara Pemprov Jatim dan Lantamal V telah diwujudkan salah satunya pembangunan rumah tidak layak huni (rutilahu) bagi masyarakat di Jatim khususnya masyarakat pesisir. “Semoga sinergitas yang sudah terbangun antara Pemprov Jatim dengan TNI AL terus berlanjut dan ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat Jatim,” tuturnya.

Disebutkan Wagub Emil, pada pertengahan bulan September 2022 sampai dengan pertengahan bulan Desember 2022 sebanyak 225 Rumah direnovasi bagi masyarakat yang tersebar di beberapa daerah. 53 Rumah di Kabupaten Sumenep, 47 Rumah di Kabupaten Bangkalan, 15 Rumah di Kabupaten Gresik. “Kemudian, 30 Rumah di Kabupaten Lamongan, 30 Rumah di Kabupaten Probolinggo dan 50 Rumah di Kabupaten Situbondo,” ujarnya.

Melihat sinergitas yang sudah terjalin, Wagub Emil percaya sosok Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono sangat sentral dalam rangka mengemban tugas-tugas pokok Lantamal V. Apalagi didukung dengan sederet pengalaman selama kurang lebih 31 tahun di TNI.

Diantaranya, melaksanakan pembinaan kekuatan, dan kemampuan untuk menyelenggarakan dukungan logistik, administrasi dan pengamanan bagi unsur-unsur Koarmada II. Selain itu, menyelenggarakan patroli keamanan laut di wilayah kerja Lantamal V dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut di wilayah kerja Lantamal V.

“Kita harap kalau orang ke pesisir yang dilihat adalah kesejahteraannya, kan kita ini mau jadi bangsa maritim, bangsa maritim itu yang seharusnya sejahtera itu justru yang ada di pesisir. Itulah yang kita harapkan semuanya,” tegasnya.

Adapun Laksamana Pertama TNI Eko wahjono yang lahir di Tulungagung sebelumnya menjabat Kadisopslatal Mabesal di Jakarta. Sedangkan Laksamana TNI Supardi akan menduduki jabatan baru sebagai Wadan Kodiklatal. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *