BisnisJatim Raya

Serunya Kompetisi Penggetaran Bangunan Tahan Gempa di UK Petra

22
×

Serunya Kompetisi Penggetaran Bangunan Tahan Gempa di UK Petra

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Tampak 15 tim peserta dari berbagai universitas serius mengikuti secara daring penjurian penggetaran maket milik mereka. Inilah suasana tahap final kompetisi Earthquake Resistant Design Competition (ERDC) 2021 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UK Petra (Himasitra).

ketua panitia ERDC 2021 Agnes Clarabella Tanara mengatakan mengangkat tema Overcome the Certain Uncertainty, pihaknya ingin lahir inovasi-inovasi baru baru dari peserta dalam menanggulangi kepastian dari ketidakpastian kerusakan struktur akibat beban lateral gempa bumi

“Peserta ERDC 2021 mencapai 46 tim dengan tiga orang setiap timnya, pandemi COVID-19 membuat Himasitra mengubah konsep lombanya. Ada dua tahapan yaitu tahap eliminasi berupa proposal dan babak final,” katanya.

Peserta yang lolos babak final, akan mendapatkan bahan dari panitia untuk diminta membuat maket lalu dikirim kembali ke panitia. Panitia mengirimkan bahan berupa kayu balsa, triplek baseboard, dan triplek pelindung.

Peserta diminta membuat maket bangunan langsing dengan dimensi 15 cm x 15 cm berbahan dasar kayu balsa. Dalam babak eliminasi, tiap tim diminta mengumpulkan proposal terlebih dahulu. Proposal ini berisi lembar pernyataan, latar belakang konsep bangunan, tinjauan pustaka yang berisi perhitungan yang digunakan, konsep bangunan, perhitungan analisa struktur bangunan, dan lampiran berupa gambar sketsa bangunan. Terpilihlah 15 tim untuk lanjut dalam babak final.

Selain presentasi secara daring dilanjutkan penggetaran karya peserta oleh panitia di gedung T ruang AVT 502 kampus UK Petra. Penggetaran menggunakan shaking table dengan level 1 hingga level 4 secara bertahap untuk melihat ketahanan maketnya. “Penilaian untuk menentukan juara ERDC 2021 didasarkan pada proposal dan presentasi peserta, serta penggetaran maket yang dilakukan secara live.”, tambah Agnes.

ERDC 2021 yang merupakan kompetisi nasional tahunan tersebut bagian dari acara bertajuk Petra Civil Expo (PCE) 2021. “Sebenarnya kompetisi skala nasional ini menghadirkan tiga kategori lomba dan internasional webinar. Kategori lomba ini antara lain Bridge Competition,Earthquake Resistant Design Competition, dan Lomba Kuat Tekan Beton.”, kata Sharon selaku ketua PCE 2021. (q cox, tama dinie))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *