Stabilkan Harga Minyak Goreng dan Gula, DKUMP2 Tanbu Gelar Pasar Murah

BATULICIN (Suarapubliknews) – Lonjakan harga minyak goreng dan Gula Pasir di pasaran sempat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, utamanya kaum ibu. Oleh karenanya Pemerintah tidak akan tinggal diam.

Secara bertahap, harga 2 jenis kebutuhan pokok masyarakat tersebut distabilkan sesuai harga yang ditetapkan pemerintah pusat melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu.

Saat ini DKUMP2 menyiapkan
Jumlah paket gula 250 paket dan minyak goreng sekitar 300 paket untuk 1 hari dalam kegiatan pasar murah untuk masyarakat umum.

Hal ini ditandai dengan penyerahan paket sembako secara simbolis kepada Ketua TP PKK Tanbu Hj.Wahyu Windarti Zairulllah kepada salah satu pembeli pasar murah di halaman Kantor DKUMP2. Rabu (02/02/2022)

Disampaikan Kepala Dinas DKUMP2 melalui Kabid perdagangan dan metereologi Akh.Heriansyah, bahwa langkah persiapan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di pasar murah ini pihaknya menggelontorkan Gula 500 kilo yang dikemas dalam paket 2 kilogram.

Untuk harga minyak, dalam pasar murah itu DKUMP2 mengikuti aturan harga dari Pemerintah yakni seharga 14 ribu per liter, sedangkan untuk Gula pasir mematok harga 12 ribu per kilogram.

Dia menambahkan, penyelenggaraan pasar murah ini bersifat umum kerena Pemerintah memeratakan kalangan pembeli bahwa komposisi harga minyak goreng itu sesuaikan aturan seharga 14 ribu per kilogram.

Terkait penjualan di toko modern, pihaknya sudah memantau agar melakukan harga yang diatur oleh pemerintah.

“Alhamdulillah toko modern seperti GS sudah mengikuti harga standar yang telah ditetapkan Pemerintah seharga 14 ribu perliter. Kemudian untuk pasar Tradisional secara bertahap ,dan Alhamdulillah mereka juga turut menyesuaikan, hanya satu yang kesulitan bagi kami, dimana diantara pedagang masih ada yang beli dari Banjarmasin, dan itu, mereka harus bertahap mengikuti aturan harga dari Pemerintah.” Paparnya.

Dia berharap, adanya pasar murah ini pihak terus mengamankan kebijakan pemerintah semoga selanjutnya harga ditingkat toko modern dan pasar rakyat mengalami harga yang sama dan masyarakat kita lebih terjamin untuk mendapatkan minyak goreng yang standar .

“Perlu diketahui, perbedaan dari gelar ini hanya Gula,sementara dipasaran masih harga 14 ribu bahkan lebih ,sedangkan disini hanya mematok 12 ribu perkilogram.” Tutupnya. (q cox, Imran )

Reply