Suplai Tanaman Bunga Hias ke Batu, Warga Desa Karang Tengah Kediri Juga Produksi Padi Ribuan Ton Per Musim

KEDIRI ( Suarapubliknews) – Dengan jumlah penduduk sekitar 7 ribuan, Desa Karang Tengah Kabupaten Kediri yang rata-rata kehidupan masyarakatnya dari hasil pertanian, ternyata mampu memproduksi padi 4200 ton per musim, dan menjadi pemasok tanaman bunga hias untuk wilayah Batu-Malang.

Sukarmanto Wijaya Kepala Desa Karang Tengah, mengatakan bahwa produk tanaman bunga hias di Desanya mampu memasarkan 300 pcs dalam setiap minggu dengan harga Rp 2.500 hingga Rp 3.500 per pcs.

“UMKM tanaman bunga hias ini berada dua lokasi di Dusun Wangkal, dan kini masyarakatnya sedang melakukan pengembangan guna mendongrak perekonomiannya,” ucap Sukarmanto Wijaya kepada Suarapubliknews. Minggu (17 /2/2019)

Menurut keterangan Sukarmanto, selain pembudidayaan bunga hias di Desa Karang Tengah juga menjadi penghasil Padi dengan luas lahan 350 Hektar. Dan pada tahun 2019 ini mampu memanen sebanyak 4200 Ton persatu musim.

“Tanaman padi, dalam 1 Tahun tiga kali panen. Dan pada tahun 2019 ini hasil panen lebih baik dari pada tahun sebelumya karena tahun sebelumya banyak terserang hama dan penyakit,” terangnya.

Disisi lain, kata Sukarmanto, Desa Karang Tengah juga membuat Inovasi Kesehatan Gratis bagi warga yang tidak mempunyai kartu BPJS yang saat ini sudah dilakukan pengobatan pada tiap satu minggu sekali

“Masyarakat kami menggantungkan hidupnya dari pertanian dan buruh dan lainya bekerja sebagai pedagang sayuran di pasat terdekat,” Pungkasnya.(Iwan)

Sukarmanto Wijaya Kepala Desa Karang Tengah, Kabupaten Kediri

Reply