Taklukan Persija 4-1 di Laga Piala Gubernur, Persebaya Berhasil Pertahankan Harga Diri Jawa Timur

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Persebaya Surabaya berhasil taklukan Persija Jakarta dalam laga final Piala Gubernur Jawa timur 2020. Digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Kamis 20 Februari 2020, Tim Bajol Ijo menjadi Juara 1 mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 4-1.

Dengan dukungan para suporternya yang berjulukan Bonek Mania, Persebaya bermain mempesona. Sejak menit awal pertandingan kedua tim raksasa di pulau jawa itu terlihat saling serang. Dalam formasi yang sama 4-3-3 Persebaya sebagai juara Group A dan Persija juara Group B. Persija bermain dengan mengenakan Jersey warna merah sedangkan Persebaya dengan Jersey kebanggaan berwarna hijau.

Sejak menit awal Tim Bajol Ijo bermain agresif hingga membuat Tim berjulukan Macan Kemayoran itu kuwalahan. Gol-gol Tim asuhan Aji Santoso Persebaya Surabaya dicetak oleh empat pemain berbeda, yakni Oktafianus Fernando (3′), Makan Konate (52′), Ricky Kambuaya (56′), dan Mahmoud Eid (80′).

Sementara itu, satu gol Persija diciptakan oleh tandukan Marko Simic lewat skema bola mati pada menit ke-44. Belum berakhir serangan Persebaya, pada menit ke-34 Tim asuhan Sergio Faras itu harus bermain dengan 10 pemain setelah wasit mengusir Ryuji Utomo keluar lapangan lantaran menarik pemain penyerang striker Persebaya David da Silva dalam perebutan bola.

Gol pamungkas ke empat Persebaya pada menit ke-80 oleh Mahmoud Eid, ia mencatatkan namanya di papan skor setelah pemain asal Palestina itu memaksimalkan peluang di depan gawang Persija usai mendapat umpan dari Irfan Jaya.

Sekedar diketahui, dalam laga semi final sebelumjya yang digelar di Stadion Soeprijadi, Blitar  Selasa 18 Februari 2020, Persebaya taklukan Arema dengan skor 4-2, sementara Persija kalahkan Madura United dengan skor 2-1 pada 17 Februari 2020 di Stadion Stadion Kanjuruhan, Malang.

Dengan Raihan juara tahun ini, selain mencatatkan kali kedua nya menjuarahi piala Gubernur Jatim, Persebaya mampu pertahanan klub tuan rumah Jawa Timur provinsi paling timur di pulau jawa sebagai juara dalam turnamen bergengsi yang digelar Pemprov Jatim ini.

Persija yang datang dengan skuatnya bertabur pemain bintang di ajang ini, tim berjulukan Macan Kemayoran itu menjadi satu-satunya kontestan Piala Gubernur Jatim 2020 yang belum terkalahkan dalam laga laga di Indonesia.

Sejak digelar pada 2002, Persela Lamongan merupakan peraih gelar Piala Gubernur Jatim terbanyak (2003, 2007, 2009, 2010, dan 2012). Disusul Persik Kediri dengan empat gelar (2002, 2004, 2006, 2008, dan 2014). Persebaya dan Arema sama-sama meraih satu gelar. Persebaya Surabaya juara pada 2005, sedangkan Arema Malang pada 2013. (q cox, drie)

Reply