Terapkan Physical Distancing, Umat Budha Surabaya ikuti ibadah Trisuci Waisak Online

SURABAYA (Suarapubliknews) – Ribuan orang umat Budha dikota Surabaya merayakan Hari Raya Trisuci Waisak, namun ditengah pandemic covid-19 seperti saat ini, maka ibadah Tri Suci Waisak dilakukan secara online. Kamis (7/5/2020)

Sehingga umat budha yang ada dikota Surabaya bahkan di berbagai daerah lainnya bisa mengikuti ibadah ini karena disiarkan secara langsung melalui video streaming di beberapa media social seperti instagram dan youtube.

Seperti yang dilakukan oleh umat Budha yang biasa beribadah di Vihara Dhamma Jaya Surabaya, mereka menggelar ibadah Trisuci Waisak secara online, melalui beberapa akun social media seperti Instagram dan Youtube.

Meskipun ibadah tersebut digelar secara video streaming namun tidak mengurangi ke khidmatan ibadah Trisuci Waisak untuk memperingati tiga kejadian suci tersebut.

Pandita Widya Kusuma, salah satu pendiri Yayasan Dhamma Jaya Surabaya mengatakan, pihaknya sengaja mengadakan ibadah Detik- Detik Waisak secara Online, untuk turut mendukung program pemerintah yakni “Physical Distancing”, dalam upaya menangani penyebaran pandemi Covid-19.

“Kami mentaati, peraturan dari pemerintah untuk menjaga jarak dalam mencegah penyebaran covid-19, tetapi sebagai pendeta di vihara saya tidak bisa meninggalkan keyakinan untuk memperingati Trisuci Waisak, untuk itu acara ibadah Trisuci Waisak ini kita gelar secara online, agar umat Budha yang ada dirumah juga bisa mengikuti ibadah ini”, ujarnya.

Dalam ibadah yang digelar dengan khidmat tersebut, Pandita Widya Kususma juga mengajak umat Budha untuk berdoa untuk keselamatan bangsa Indonesia, yang tengah menghadapi pandemi virus corona.

Diharapkan dengan berkah Waisak, pandemi corona di Indonesia dan di dunia pada umumnya bisa segera berakhir. (q cox)

Reply