NasionalPemerintahanPolitik

Terima Pendaftaran Bacaleg Hingga Hari Terakhir, KPU Tanbu: Menggunakan sistem proporsional terbuka

15
×

Terima Pendaftaran Bacaleg Hingga Hari Terakhir, KPU Tanbu: Menggunakan sistem proporsional terbuka

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Hari terakhir pendaftaran tanggal 14 mei 2023, KPU Tanah Bumbu sudah menerima bakal calon legislatif (Bacaleg) dari beberapa partai. Dari masing masing partai, sudah mendaftarkan calegnya sejumlah 35 orang. Namun ada dua partai yakni Demokrat atau PBB yang tidak sampai 35 hanya dibawah 20.

Hal ini disampaikan ketua KPU Tanah Bumbu Makhruri disela penerimaan Bacaleg Tanah Bumbu, Minggu (14/05/2023) dihalaman kantor KPU Tanbu.

“Harapan Kami semua partai politik mengajukan bakal calon yang benar benar berkualitas,kemudian maksimal mereka optimis semua ,jadi semua caleg yang bertarung pada pemilu 2024,maksimal 100 persen optimis dan mereka maksimalkan kampanyenya agar masyarakat itu bisa disuguhkan oleh variasi pilihan yang bagus,” paparnya.

Terkait sistem pemilihan yang hanya menggunakan nama tanpa photo, ketua KPU pun menjelaskan bahwa sampai ini masih menggunakan proporsional terbuka.

Kemudian dalam verifikasi Bacaleg, Makhruri menerangkan bahwa verikasi itu akan dilakukan pada tanggal 23 bulan depan kemudian proses verifikasi Sampai penetapan daftar calon tetap yaitu pada tanggal 3 Nopember 2023.

“Jadi prosesnya panjang ,dari pengajuan, kemudian diverifikasi,setelah itu ada masa perbaikan ,pada masa perbaikan kemudian kita umumkan daftar calon sementara baru kita umumkan lagi ,” tutupnya. (q cox, Imran )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *