Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Arumi Gelar Workshop Pengelolaan UP2K – PKK bagi Kader Desa/Kelurahan se Jatim

SURABAYA (Suarapubliknews) – Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak terus melakukan langkah strategis bagi para kader PKK di desa/kelurahan dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga.

Salah satunya yaitu dengan menggelar Workshop pengelolaan Usaha Pengembangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga – PKK  UP2K-PKK bagi Kader PKK Desa/Kelurahan se-Jatim di Kantor PKK Prov. Jatim Jl. Gayungkebonsari, Surabaya, Selasa (9/8).

“Kami bersama TP PKK Prov Jatim akan senantiasa memberikan yang terbaik bagi ibu ibu khususnya PKK di desa/kelurahan demi meningkatkan pendapatan keluarga melalui bekal pelatihan dan workshop yang dilakukan secara komperhensif,” katanya.

Arumi mengatakan, workshop ini diyakini dapat memberikan yang terbaik untuk UP2K-PKK melalui dukungan dari para kader di daerah. Workshop ini juga diharapkan dapat mendukung salah satu program kerja unggulan TP PKK Prov. Jatim yakni Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (GELARI PELANGI).

Menurutnya, Gelari Pelangi, merupakan kegiatan terpadu TP PKK dari Tingkat Pusat sampai Desa / Kelurahan yang sinergis dengan program pemerintah daerah serta pihak terkait lainnya, sebagai upaya dalam mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dari segi pendidikan dan ekonomi untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera.

Dalam upaya pengembangan Poksus UP2K-PKK di Desa/Kelurahan, Arumi berpesan agar dapat diberikan fasilitas pembinaan dari pemerintah Kabupaten/Kota setempat melalui sinergi program dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga terkait seperti Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian Dan Perdagangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa di Kabupaten/Kota.”Sinergi program tersebut berupa fasilitasi pembinaan teknis pelatihan – pelatihan, kemudahan akses permodalan, pengembangan jaringan pemasaran hingga pameran – pameran,” ujarnya.

Arumi menegaskan bahwa peran dari para kepala desa (kades) sangat penting dalam mendukung pengembangan Poksus UP2K-PKK. “Peran Kepala Desa / Lurah sangat penting dalam mendukung pengembangan Poksus UP2K-PKK melalui perencanaan 10 Program Pokok PKK di Desa/Kelurahan. Semoga workshop ini bisa memberikan manfaat bagi para kader dan diimplementasikan kepada masyarakat,” tutupnya. (Q cox, tama dini)

Reply