Untuk Kali Ketiga, Wali Kota Eri Cahyadi Raih Penghargaan Pemimpin Terpopuler di Media

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memang belum genap 2 tahun memimpin Kota Pahlawan. Namun, berbagai terobosan dan inovasinya sudah banyak dilirik media massa. Buktinya, baru-baru ini Wali Kota Eri sudah tiga kali mendapatkan penghargaan pemimpin terpopuler di media.

Penghargaan pertama yang diterima Wali Kota Eri adalah Pemimpin Terpopuler di Media Arus Utama 2022 yang diberikan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) pada 6 Juli 2022. Penghargaan kedua adalah Pemenang Pemimpin Terpopuler di Media Online 2021 Kategori Wali Kota yang diberikan oleh Humas Indonesia, bagian dari PR Indonesia Group pada Jumat (5/8/2022), tepatnya dalam puncak acara perhelatan penghargaan IDEAS 2022 yang digelar di NTT.

Yang terbaru, Wali Kota Eri berhasil meraih penghargaan sebagai Pemenang Pemimpin Terpopuler di Media Digital 2022. Penghargaan ini diberikan oleh Humas Indonesia yang merupakan bagian dari PR Indonesia Group dalam ajang Anugerah Humas Indonesia (AHI) yang digelar di Malang, Jumat (28/10/2022) malam.

Bahkan, dalam penghargaan AHI 2022 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga mendapatkan penghargaan sebagai Pemenang Institusi Terpopuler di Media Digital 2022. Dalam kesempatan itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya juga berhasil meraih penghargaan Kategori Kanal Digital, Sub-Kategori Aplikasi setelah mengangkat aplikasi e-Peken, dan Kategori Kanal Digital, Sub-Kategori Website, yaitu situs resmi Pemkot Surabaya: surabaya.go.id. Total 4 penghargaan yang berhasil diborong Pemkot Surabaya dalam kompetisi tersebut.

Wali Kota Eri Cahyadi mengaku bersyukur karena sudah mendapatkan penghargaan ini. Sebenarnya, penghargaan bukanlah tujuan utama dari berbagai terobosan dan inovasi yang telah dilakukannya selama ini. Sebab, tujuan dari berbagai terobosan itu adalah menyejahterakan dan membuat warga Kota Surabaya bahagia.

“Jadi, penghargaan ini untuk seluruh warga Kota Surabaya, termasuk media. Karena memang yang mengkomunikasikan dan menyebarluaskan berbagai program itu adalah media,” kata Wali Kota Eri.

Sejak awal menjabat Wali Kota Surabaya, ia mengaku selalu siap berkolaborasi dengan semua elemen masyarakat, termasuk para media. Bahkan, ia juga berkali-kali meminta sumbangsih saran serta masukan kepada media. Ia juga mengajak media untuk ikut membantu mendorong serta mengawasi kerja Pemkot Surabaya. “Kita memang berkolaborasi dengan media untuk bersama-sama membangun Surabaya,” tegasnya.

Kepala Diskominfo Surabaya M. Fikser juga menegaskan bahwa penghargaan ini sejatinya untuk warga Kota Surabaya dan para awak media yang selama ini selalu bersinergi dengan Pemkot Surabaya. Ia juga menjelaskan bahwa penghargaan ini bukan tujuan utama, karena ini memang bagian dari layanan Pemkot Surabaya untuk memperluas informasi publik.

“Tentu ke depannya kita akan terus berkolaborasi dengan media dalam membangun Surabaya, karena itulah yang selalu disampaikan Pak Wali Kota kepada kami di Diskominfo,” katanya.

Sementara itu, Founder & Ceo Humas Indonesia Asmono Wikan mengatakan selama lebih dari satu bulan ini, sejumlah korporasi, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah berkompetisi di ajang AHI 2022. Terdapat lima kategori yang dipertandingkan, mulai dari kategori Pelayanan Keterbukaan Informasi Publik Terinovatif, PPID Terbaik, Media Internal, Kanal Digital, dan Program Kehumasan Pemerintah (Government Public Relations/GPR).

“Penjurian AHI 2022 berlangsung secara hibrid selama dua hari berturut-turut dari tanggal 10-11 Oktober 2022 dengan melibatkan juri-juri profesional,” kata Asmono Wikan.

Setelah melalui tahap penjurian, Dewan Juri memutuskan memberikan penghargaan AHI 2022 kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya untuk Kategori Kanal Digital, Sub-Kategori Aplikasi dan Kategori Kanal Digital, Sub-Kategori Website.

Selain itu, dalam kompetisi AHI 2022 ini juga dilakukan pemilihan kategori terpopuler di Media Digital bagi pemimpin dan institusi melalui proses media monitoring dengan menggandeng NoLimit. Berdasarkan hasil monitoring dan analisis kualitatif yang dilakukan, akhirnya ditetapkan bahwa Bapak Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya, sebagai Pemenang Pemimpin Terpopuler di Media Digital 2022 dan Pemerintah Kota Surabaya sebagai Pemenang Institusi Terpopuler di Media Digital 2022.

“Kami sampaikan terimakasih kepada seluruh korporasi, instansi dan lembaga yang sudah berpartisipasi dalam ajang AHI 2022 ini,” pungkasnya. (Q cox)

Reply