Upacara Hari Pahlawan Sukses Digelar di Halaman Balai Kota, Pemkot Surabaya Libatkan Ratusan Petugas Gabungan

SURABAYA (Suarapubliknews) – Upacara bendera memperingati Hari Pahlawan telah sukses digelar di halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (10/11/2022) pagi. Tentu saja kesuksesan ini tak lepas dari peran serta dan kerja keras seluruh pihak yang terlibat di dalam penyelenggaraan upacara tersebut.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya, Maria Theresia Ekawati Rahayu mengatakan, ada sekitar 300 petugas yang terlibat dalam penyelenggaran upacara Hari Pahlawan di halaman Balai Kota Surabaya.

Para petugas gabungan tersebut, kata dia, berasal dari seluruh Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Di antaranya yakni, petugas dari Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bakesbangpol hingga Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Surabaya.

“Ada juga petugas dari Dinas Pendidikan, Bagian Perekonomian, Bagian Umum dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Sementara dari jajaran samping, kami juga melibatkan Polsek dan Koramil setempat,” kata Yayuk ditemui usai kegiatan Upacara Peringatan Hari Pahlawan.

Menurut Yayuk, upacara bendera Hari Pahlawan di Surabaya pada tahun 2022 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena, situasi pandemi Covid-19 di dua tahun sebelumnya, membuat penyelenggaraan upacara saat itu harus dilaksanakan secara terbatas dan online.

“Kemudian di tahun ini ada atraksi teatrikal seni yang melibatkan semua unsur elemen dengan tema Pahlawan Dalam Nadi,” ungkap dia.

Tak hanya itu, Yayuk mengungkapkan, pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 ini, pemkot melalui Diskominfo juga mengajak masyarakat untuk mengikuti upacara bendera di halaman Balai Kota Surabaya. Pendaftaran peserta upacara ini dibuka secara umum kepada masyarakat melalui online. “Untuk kesempatan yang dibuka itu kurang lebih 600 orang,” katanya.

Bahkan, Yayuk juga menyebut, yang membuat upacara bendera Peringatan Hari Pahlawan di Kota Surabaya tampak berbeda adalah hadirnya penampilan Drumband Genderang Suling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL).

“Drumband Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL biasanya memang hadir pada saat Parade Juang. Tapi di tahun ini kita juga menampilkan pada saat upacara bendera di Peringatan Hari Pahlawan,” pungkasnya. (q cox)

 

Reply