Upcycle Fashion, Innofashion Show 2020

SURABAYA (Suarapubliknews) –  Tanpa kita sadari, dunia fashion ternyata dapat menimbulkan masalah baru yaitu limbah pakaian. Tergelitik hal ini Program Desain Fashion dan Tekstil (DFT) UK Petra, Surabaya menggelar Innofashion Show 2020 dengan tema Upcycle Fashion.

Ketua Acara Innofashion Show 2020 Asthararianty, S.Sn., M.Ds. mengatakan selama lima hari berturut-turut mulai tanggal 8-12 Juni 2020 secara online beragam kegiatan digelar antara lain Upcycle competition, Fashion Illustration competition, online talkshow, online open class dan pameran fashion virtual.

“Tema ini sengaja dipilih adalah tentang bagaimana kita dapat lebih memahami Upcycle sebagai salah satu cara dalam dunia Fashion menyelamatkan bumi yaitu lebih menghargai lingkungan dengan memanfaatkan bahan yang sudah ada,” katanya.

Upcycle Competition merupakan kompetisi bagi umum dan siswa SMA ini menantang peserta membuat desain dan menjahitnya menjadi sebuah karya fashion baru. Kemudian difoto untuk kemudian diserahkan panitia.

Pesertanya mencapai 13 orang. Sedangkan fashion illustration competition yang pesertanya dari umum dengan maksimal usia 30 tahun ini hanya diminta mendesain gambarnya saja. Pesertanya mencapai 90 orang.

Ada beberapa karya upcycle competition yaitu milik Cristabella A.P dari Universitas Kristen MaranathaBandung yang memberi judul karyanya Unity’DenimB&W. Ia menggunakan bahan denim yang dimilikinya sejak SD yang menyertakan detail seperti patchwork dan slashing.

Dalam kompetisi Upcycle ini mengutamakan konsep atau ide yang ingin disampaikan. “Penilaiannya melihat tiga hal yaitu konsep atau ide, presentasi dan kerapian. Upcycle ini sendiri menitikberatkan pada bahannya yang berupa pakaian atau baju yang sudah lama tidak tersentuh diolah menjadi baru dengan hanya menambah bahan yang ada dirumah.”, tambah Asthararianty yang akrab dipanggil Ingrid.

Yang menarik saat hari terakhir digelar talkshow bertajuk Upcycle Fashion, menghadirkan tiga juri sekaligus pembicara yaitu Aryani Widagdo (Fashion Educator) – Pendiri Arva yang sekarang lebih berkonsetrasi kepada bidang pendidikan terutama Fashion, Yunita Kosasih (Ketua IFC chapter Surabaya) – Fashion desainer sekaligus dosen tidak tetap DFT UK Petra yang sudah memiliki brandnya sendiri dan memiliki keahlian dalam bidang aksesoris fashion dan yang terakhir Syahmedi Dean (Editorial Director Luxina.ID – pengamat fashion yang sudah lama malang melintang didalam dunia fashion. (q cox, tama dinie)

Reply