BisnisJatim Raya

UPN Veteran Jatim Canangkan Zona Integritas Serentak di 7 Fakultas

153
×

UPN Veteran Jatim Canangkan Zona Integritas Serentak di 7 Fakultas

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPNVJT) terus berupaya mewujudkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Terbaru, UPNVJ mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) serentak di 7 fakultas, Kamis (13/6/2024). Acara itu disaksikan langsung Sekretaris II Tim Reformasi Birokrasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Muhammad Ali Akbar.

Adapun 7 fakultas itu adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik dan Sains, Fakultas Arsitektur dan Desain, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Hukum, dan Fakultas Kedokteran. Sedangkan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sudah terlebih dahulu mencanangkan Zona Integratis itu dan saat ini sudah berhasil meraih sejumlah penghargaan terkait dengan Zona Integritas.

Pencanangan Zona Integritas itu dihadiri oleh sivitas akademika UPN Veteran Jatim, tim RB ITS, Unair, Udayana, dan perwakilan Ombudsman. Pencanangan itu ditandai dengan deklarasi “Pembangunan Zona Integritas” dan penandatanganan Pakta Integritas untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip Zona Integritas.

Pada kesempatan itu, Rektor UPN Veteran Jatim Prof Akhmad Fauzi mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen menjalankan program ini sebagai bentuk tanggung jawab terhadap masyarakat dan negara. Selain itu, ini adalah bentuk kesungguhan UPN Veteran Jatim untuk meraih Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pendidikan berkualitas.

“Zona Integritas ini menjadi langkah tepat untuk mengakselerasi terwujudnya Reformasi Birokrasi pada 7 fakultas di UPN Veteran Jatim. Apalagi, selama tiga tahun berturut-turut, Fisip sudah berhasil meraih penghargaan dari Kemendikbudristek, sehingga ini menambah semangat kami untuk terus menularkan prestasi ini kepada fakultas lainnya,” kata Prof Akhmad Fauzi.

Menurutnya, pencanangan Zona Integritas ini merupakan langkah strategis untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola universitas. Ia menyadari bahwa tata kelola yang baik itu memerlukan orang-orang yang terbaik pula, memerlukan pengelola yang berintegritas tinggi dan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran yang transparansi dan akuntabilitas.

“Dengan ini, UPN Veteran Jatim berkomitmen untuk mewujudkan Zona Integritas ini guna mencapai Wilayah Bebas Korupsi (WBK),” tegasnya.

Ia juga memastikan bahwa pencanangan Zona Integritas ini bukan hanya sekadar tujuan saja, namun lebih daripada itu merupakan kebutuhan untuk memastikan UPN Veteran Jatim dapat memberikan pelayaann yang terbaik dan terpercaya kepada seluruh civitas akademika dan seluruh masyarakat.

“Mari kita jadikan pencanangan Zona Integritas hari ini sebagai momentum untuk bergerak bersama dalam meningatkan kulitas tata kelola dan memastikan UPN Veteran Jatim bebas dari korupsi. Dengan bergandeng tangan yang erat, mari kita mewujudkan UPN Veteran Jatim ini menjadi pergurutan tinggi yang unggul di tingkat dunia,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris II Tim Reformasi Birokrasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Muhammad Ali Akbar mengapresiasi pencapaian UPN Veteran Jatim dalam program Zona Integritas ini. Ia berharap dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang.

“Hari ini adalah hari yang bersejarah bagi UPN Vetaran Jatim karena hari ini bersama-sama memberikan pondasi baru untuk memberikan perubahan bagi UPN Vetaran Jatim,” kata Muhammad Ali Akbar.

Ia juga membagikan 5 langkah strategis membangun Zona Integritas. Pertama, komitmen pimpinan. Kedua, kemudahan, kecepatan, dan transparansi pelayanan. Ketiga, program yang menyentuh masyarakat. Keempat, monitoring dan evaluasi, dan kelima adalah manajemen media.

“Kalau 5 langkah ini kita lakukan bersama-sama, maka insyaallah praktek KKN di fakultas kita akan turun, pelayanan public kita akan menjadi meningkat, dan kinerja fakultas akan semakin tinggi. Kalau ini sudah terwujud, maka insyaallah bonus predikat WBK akan tercapai,” pungkasnya. ( q cox, Rf)

Foto: Rektor UPN Vetaran Jatim menyerahkan mock up kunci kepada ketua RB UPNV Jatim sebagai simbol dimulainya Pembangunan ZI di UPNVJT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *