Wali Kota Risma: Meski Lebaran Ini Kondisinya Berat, Kita Harus Menang

SURABAYA (Suarapubliknews) – Hari Raya Idul Fitri ini, terlihat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab, momen silaturahmi dengan sanak saudara harus dilakukan secara online untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal ini rupanya juga dilakukan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Seusai Sholat Idul Fitri, Wali Kota Risma menggelar halal bihalal via online di rumah dinas Jalan Sedap Malam Surabaya, Minggu (24/5/2020) pagi.

“Saya dan seluruh jajaran di Pemkot Surabaya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Minal Aidin Walfaizin, mohon maaf lahir dan batin. Mohon maaf kalau selama ini ada kesalahan saya atau seluruh jajaran Pemkot Surabaya, baik disengaja maupun tidak, saya mohon maaf sebesar-besarnya,” kata Wali Kota Risma.

Dalam momen halal bihalal via online itu, Wali Kota Risma juga menyampaikan, masyarakat pasti melihat bahwa lebaran tahun ini tidak seperti kondisi yang biasanya. Namun menurutnya, sebetulnya saat ini kondisinya sama. Artinya apa, bahwa semua harus siap dalam kondisi apapun ketika ada perubahan.

“Coba cermati, yang langgeng adalah perubahan. Setiap detik, setiap hari, setiap tahun, itu berubah terus semakin cepat dan kadang kita tidak mengira terjadi perubahan,” ujarnya.

Karena itu, Wali Kota Risma berpesan kepada seluruh warga Kota Surabaya, khususnya generasi penerus bangsa agar siap dalam kondisi apapun. Meski berat untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini karena tidak seperti lazimnya, tapi makna Idul Fitri sendiri adalah kemenangan.

“Dimana selama sebulan kita berpuasa penuh, bukan hanya menahan lapar tapi juga hawa nafsu dan sebagainya. Nah, karena itu kenapa kemudian disebut hari kemenangan,” katanya.

Maka dari itu, Alumnus Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) ini berharap, masyarakat dapat memanfaatkan sebaik mungkin lebaran tahun ini meski suasana dan kondisinya berat. Karena, semua tidak boleh menyerah dan patah semangat untuk untuk menggapai kemenangan.

“Kita harus mempunyai tekad untuk terus maju, supaya kita bisa melanjutkan perjuangan yang sudah dilakukan generasi sebelumnya,” tuturnya.

Menurutnya, di tengah pandemi saat ini, seringkali membuat seseorang itu menjadi patah semangat. Meski begitu, ia berharap, masyarakat terus yakin dan tegar dalam menghadapi kondisi saat ini. “Karena yakinlah bahwa kalau kita kuat dan tegar, pasti suatu saat kemenangan akan tiba seperti lebaran ini,” kata dia.

Oleh sebab itu, Wali Kota Risma kembali mengimbau kepada masyarakat agar menyikapi hal ini dari sisi positif. Sebab, ada saatnya perubahan itu datang tanpa memberitahu sebelumnya.

“Nah, karena itu kita harus siap dalam kondisi apapun. Kita harus menyikapi dan melihat ini dengan sisi posisi,” tandasnya. (q cox, and)

Reply