Antisipasi Pohon Tumbang, Jajaran Forpimda Sidoarjo Terlibat Perantingan dan Pemotongan

SIDOARJO, (Suarapubliknews) – Puluhan pohon dikawasan Kota Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur dilakukan pemotongan. Ranting pohon-pohon besar dirapikan guna untuk antisipasi terjadinya pohon tumbang yang mengakibatkan kerugian masyarakat.

Tak sekedar dipotong, pohon-pohon besar disepanjang jalan raya Kota Delta itu juga dirapikan. Pemotongan dilakukan bersama oleh beberapa instansi diantaranya terdidiri dari TNI – POLRI setempat, DLHK (Dinas Lingkungkan Hidup dan Kebersihan), BPBD, Satpol PP, PLN, dan beberapa instansi di lingkungan Pemerintah Daerah Sidoarjo, Rabu (15/01/2020).

“Sebagai langkah tanggap bencana, kita bersinergi dengan instansi terkait melakukan kerja bakti perapihan dan pemotongan pohon-pohon besar di wilayah Kota Sidoarjo,” kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho.

Sebanyak 150 personel gabungan terlibat dalam perapihan pohon kali ini. Menurut Zain Dwi Nugroho, hal ini terpaksa dilakukan lantaran cuaca ekstrim yang kerap terjadi di Wilayah Kabupaten Sidoarjo berakibat terjadinya pohon tumbang.

“Semua yang ikut kerja bakti dari Mako Polresta Sidoarjo berjalan bersama menyusuri jalan RA. Kartini melakukan perapian pohon yang berukuran besar,” tambah nya.

Sementara, Kepala DLHK Sidoarjo Sigit Setiyawan, mengatakan bahwa sinergitas seperti ini akan terus dilakukan untuk menghindari terjadinya pohon tumbang yang dikhawatirkan menimpah pengguna jalan atau rumah warga.

“Agar tidak terjadi pohon tumbang di saat cuaca ekstrim,” tuturnya. (q cox, drie)

Reply