Apa Makna Hari Rabu Wage 9 Desember Menurut Penangalan Jawa?

SURABAYA (Suarapubliknews) – Menurut Kalender Jawa, Tanggal Masehi 9 Desember 2020 adalah 23 Bakda Mulud 1954 – Jimakir, Hari Rabu, Pasaran Wage, Wuku Manahil.

Dalam perhitungan Jawa, weton Rabu Wage memiliki jumlah neptu 11. Watak seseorang yang berweton Rabu Wage yaitu suka mengayomi, membimbing dan juga melindungi sesamanya.

Kemudian, mereka juga termasuk orang yang setia, amanah, penurut, dan selalu berusaha mendapatkan hasil yang terbaik dalam hal apapun.

Urusan pekerjaan, weton Rabu Wage sangat cocok berprofesi sebagai guru, dosen, atau pelatih.

Kemudian urusan jodoh, weton Rabu Wage akan sangat cocok disandingkan dengan orang yang lahir pada hari Selasa Legi, Kamis Legi, Jumat Pon, Sabtu Wage, Sabtu Pahing, atau Minggu Kliwon.

Dalam astrologi, hari Rabu dikuasai oleh planet Merkurius yang melambangkan komunikasi dan pikiran.

Rabu (Buda) Wage Warigadean atau Buda Cemeng Ukir, jika dilihat dari konteks wariga yaitu Rabu memiliki urip 7 dan wage memiliki urip 4. Jika dijumlahkan maka akan didapatkan hasil 11. Untuk mengetahui jatah umur dengan konsep wariga, hasil penjumlahannya dikalikan 6 sehingga diperoleh 66.

Berdasarkan pal Sri Sedana dengan menggunakan jumlah urip 11, peruntungannya yaitu sebagai berikut,:

1. Umur 0 – 6 tahun mendapat nilai 2 yang artinya penghasilan sedang.

2. Umur 7 – 12 tahun mendapat nilai 4 yang berarti baik sekali.

3. Mendapat nilai 1 saat umur 13 – 24 tahun yang artinya penghasilan sedikit.

4. Saat berumur 25 – 30 tahun mendapat nilai prestisius yaitu 8 yang artinya sukses.

Namun kesuksesan harus diraih dengan perjuangan, bukan dengan bersantai. Ketika berumur 31 – 36 tahun turun drastis menjadi 1. Turun menjadi 0 saat umur 37 – 42 tahun yang artinya kesakitan. Saat berumur 43 – 48 tahun mendapat nilai 1. 49 – 54 tahun memperoleh nilai 2. Turun menjadi 0 saat umur 55 – 60 tahun dan saat umur 61 – 66 akan mendapatkan nilai 2.

Sementara seseorang yang lahir Wuku Warigadean wataknya bercita-cita baik, berat tanggungannya. Rejekinya di belakang hari, lemah lembut dan dihormati, dan memiliki kemauan keras. Pandai mencari nafkah, keikhlasannya setengah-setengah, tidak ingkar, dan saat marah menakutkan.

Begitulah perjalanan hidup mereka yang lahir Rabu Wage Warigadean.Tidak mutlak untuk dipercayai karena setiap orang telah membawa tulis gidat (nasib) masing-masing dan semua telah diatur Hyang Kuasa. (q cox)

Reply