Politik

Bahas Perda Pajak Bumi dan Bangunan, Pansus DPRD Perjuangkan Nasib Veteran

17
×

Bahas Perda Pajak Bumi dan Bangunan, Pansus DPRD Perjuangkan Nasib Veteran

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Melaui Pansus Raperda pajak bumi dan bangunan (PBB) di Komisi B, DPRD Surabaya sedang berupaya memberikan penghargaan kepada para Legiun Veteran agar bisa mndapatkan pembebasan (gratis) dari biaya PBB.

Keterangan ini disampaikan Hamka Mudjiadi anggota Komisi B DPRD Surabaya selaku Ketua Pansus, yang mengatakan bahwa pihaknya akan berjuang menggratiskan PBB bagi para veteran Surabaya, sebagai ucapan terimakasih terhadap perjuangannya membela tanah air.

“Tetap kita perjuangkan, toh nilainya nggak tinggi, nilainya dari pemerintah kota ini gak sampai 500 juta per tahun, itu kecil dibandingkan dengan APBD Surabaya yang mencapai Rp 10,3 Triliun itu,” kata Hamka, Senin (06/07) diruang rapat Komisi B DPRD Kota Surabaya.

Pasalnya, kata legislator dari fraksi PAN ini, meski peraturannya telah diatur dalam Perwali berupa keringanan, tapi hanya bersifat pengajuan dengan berbagai syarat yang wajib dipenuhi.

“Memang regulasinya diatur dalam perwali itu ada keringanan, tapi sifatnya permohonan dan harus memenuhi syarat, tidak secara langsung otomatis. Kita berupaya bagaimana ini diatur dalam perwali, sehingga gratis itu otomatis kepada para veteran, nilanya nggak banyak,” lanjut Hamka

Langkah ini merujuk ke DKI Jakarta, lajut Hamka, yang berdasarkan peraturan gubenur telah membebaskan PBB untuk para Veteran. Selanjutnya DPRD kota Surabaya akan mendatangkan para ahli untuk mencari payung hukum dalam pembentukan raperda ini

Terpisah, Subagyo Rahmad Ketua DPC Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) Surabaya tampak menangis haru di gedung DPRD Kota Surabaya, sembari mengucap terimakasih karena sudah peduli terhadap nasib para mantan pejuang di kota pahlawan ini.

Subagyo dengan mata berkaca-kaca mengatakan, mengaku tidak pernah terbersit dalam pikirannya mereka akan mendapakan apa setelah berperang dan berjuang untuk Indonesia.

“Pada waktu kita bertempur, kita tidak memikirkan dapet ini dapat itu, tapi sekarang diopeni terimakasih,” ujar Subagyo yang berstatus purnawirawan dengan pangkat kolonel ini.

Dia menceritakan, di luar sana masih banyak veteran yang hidup serba pas-pasan dan belum terjaring bantuan dari pemerintah. Dirinya mengaku sangat berterimakasih kepada DPRD kota Surabaya bersedia memperjuangkan para veteran untuk hidup lebih layak.

“Kemudian yang terakhir, saya sangat dekat dengan anggota kehidupannya dia untuk saat ini dalam level keterbatasan jadi kalau ada yang ingin meningkatkan kita ucapkan terima kasih,” kata Subagiyo. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *