Bandara Juanda Salurkan Dana Kemitraan dan Bina Lingkungan Senilai Rp 4.3 Miliar

SIDOARJO (Suarapubliknews) – PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Juanda kembali menyalurkan dana program kemitraan dan bina lingkungan guna mewujudkan visi menjadi mitra pemerintah dan penggerak pertumbuhan ekonomi serta memberikan kontribusi positif pada kelestarian lingkungan.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Juanda, Heru Prasetyo mengatakan pengelolaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor : Per-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan BUMN dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.

Program Kemitraan adalah program pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat, melalui pemberian pinjaman kemitraan untuk modal kerja dan investasi. Selain itu melalui Program Kemitraan, Perusahaan juga memberikan pembinaan berupa bantuan pelatihan manajemen usaha, bantuan pemasaran (promosi atau pameran), dan lain-lain.

Sedangkan untuk program bina lingkungan adalah program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat dan peningkatan kualitas hidup yang dilakukan PT Angkasa Pura I (Persero).

“Penyaluran dana kemitraan dan bina lingkungan di PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Juanda hingga November 2019 mencapai Rp 4,3 Miliar. Penyaluran ini telah dilakukan sebanyak 7 tahap dimulai bulan Februari hingga November,” katanya.

Untuk penyaluran tahap ke- 7 Tahun 2019 yang dilaksanakan di Gedung Grha SATU kali ini, dana kemitraan yang disalurkan sebesar Rp 555.000.000.,- untuk 8 penerima dimana 1 mitra binaan dari Malang yaitu Rita Handycraft dan 7 mitra binaan dari Sidoarjo yaitu Toko Sembako Nurul Hidayat, Toko Sembako Berkah, Toko Sherly, Toko Ichzul, Anisa Collection, Pak Agus Krupuk, dan Toko Sembako Supriyatin.

Sedangkan untuk dana bina lingkungan sebesar Rp 485.808.000,- diberikan kepada 9 penerima dari beberapa sektor bidang yakni; Sektor Sarana Ibadah : Gereja Kristen Jawi Wetan Jemaat Tropodo, Pura Jala Siddhi Amertha Juanda Gedangan, Masjid Al Istiqomah Gedangan, Masjid Al Ikhlas Waru, dan Musholla Jihadul Ummah Semambung. Sektor Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Segoro Tambak, SMP Negeri 1 Gedangan, dan Rumah Pintar Juanda Cendikia Sedati. Sektor Kesehatan : Posyandu Melon Buncitan.

“Secara keseluruhan untuk dana yang disalurkan pada program kemitraan pada tahun 2019 sebesar Rp 2.805.000.000,- dan pada program bina lingkungan sebesar Rp 1.528.004.892,-. Program ini juga merupakan bukti nyata tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar bandara. Kami menyadari bahwa keberadaan perusahaan hingga saat ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat sekitar,” jelas Heru.

Selain menyalurkan bantuan dana pinjaman, PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Juanda juga mengikutsertakan mitra binaan dalam kegiatan promosi produk dan perluasan pasar melalui berbagai pameran.

Sedangkan untuk program bina lingkungan juga dilakukan program Pelayanan Kesehatan Keliling pada 15 desa yaitu Desa Banjarkemuning, Desa Betro, Desa Buncitan, Desa Cemandi, Desa Gisik Cemandi, Desa Kalanganyar, Desa Kwangsan, Desa Pabean, Desa Pepe, Desa Pranti, Desa Pulungan, Desa Sedatiagung, Desa Sedatigede, Desa Segoro Tambak dan Desa Semampir sebagai wujud kepedulian terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di sekitar bandara. (q cox, Tama Dinie)

Reply