Basmi Jentik Nyamuk DBD, Puskesmas di Kediri Bagikan Ikan Nila dan Cupang

KEDIRI (Suarapubliknews) – Basmi jentik nyamuk wabah DBD, UPTD Puskesmas Kandangan bersama Pemerintah Desa se Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri bagikan ratusan ikan Nila dan Ikan Cupang kepada warga secara gratis.

Menurut dr Imanuel Listi Plt Kepala UPTD Puskesmas Kandangan, fungsi kedua jenis ikan tersebut untuk membunuh jentik nyamuk penyebab DBD, karena di wilayah Kecamatan Kandangan telah banyak Warga yang terjangkit.

Berdasarkan data UPTD Puskesmas Kandangan, mencatat 1 orang di Desa Medowo, Desa Kemiri 1 Orang, kemudian di Desa Mlancu 1 Orang, Desa Kemiri 1 Orang, Desa Karang Tengah 1 Orang dan Desa Kandangan 6 Orang

“Pemberian ikan ini atas Intruksi dari Kecamatan Kandangan untuk 12 Desa se Kecamatan dan dilakukan secara serentak,” Ucap dr Imannuel Listi kepada Suarapubliknews.net. Jum’at (25/1/2019)

Dia juga mengatakan, dari 12 Desa yang terkena wabah DBD terdapat 1 Desa yang belum membagikan Ikan kepada warganya yaitu Desa Medowo, namun belum diketahui penyebabnya.

“Yang jelas dengan program ikanisasi ini di harapkam agar wabah DBD dapat dikendalikan karena jentik nyamuk DBD langsung di makan oleh Ikan,” pungkasnya.

Terbaru, Kepala Desa Bukur Kecamatan Kandangan Ismunin mengatakan bahwa di Desanya ada 5 orang yang terjangkit DBD, yakni 3 orang Warganya dan 2 orang anak kandungnya sendiri. (q cox, Iwan)

 

Reply