Cegah Longsor, Tanggul Sungai Brantas Porong di Tanami Rumput Vetiver

SIDOARJO, (Suarapubliknews) – Jajaran Polresta Sidoarjo, TNI Kodim 0816 dan Pemkab Sidoarjo melakukan penanaman sebanyak 60.000 rumput vetiver (akar wangi) di tanggul Sungai Brantas Porong, Sidoarjo, Kamis (12/03/2020).

Kegiatan peduli lingkungan kali ini di pelopori oleh Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri dan merupakan salah satu rangkaian Rakernis Baharkam Polri Tahun Anggaran 2020 di Pusdik Sabhara Porong. Kegiatan ini juga di hadiri pejabat dari Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, Pramuka, Organisasi masyarakat, dan juga pelajar.

Kepala Baharkam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto mengatakan, penanaman di lakukan di tanggul sungai Porong lantaran perupakan lokasi yang memang perlu dijaga dengan baik agar tanggul sungai besar itu lebih kuat dalam menahan debit air serta tidak longsor.

“Pagi ini kita bersama-sama tanam sebanyak 60.000 rumput vetiver, sebagai upaya pelestarian lingkungan,” terang Komjen Pol. Agus Andrianto.

Komjen Pol. Agus Andrianto menambahkan, Yang mana rumput vetiver ini merupakan tanaman yang bisa mengikat tanah, sangat bermanfaat untuk penguat tanah dari curah hujan tinggi. Karena menurut BNPB vetiver merupakan tanaman yang bisa mencegah terjadinya longsor di daerah yang rawan longsor dimusim hujan.

“Bapak Kapolri dan bapak Panglima TNI telah mengarahkan kepada jajaran untuk melakukan penanaman pohon dan rumput vetiver di lokasi yang rawan longsor,” terangnya. (q cox, drie)

Reply