Ekranova Ajak UMKM Mendunia

SURABAYA (Suarapubliknews) – Surabaya Suites Hotel, FGB bersama kulinerjatim.com kembali menggelar even Ekranova 2020. Even bertajuk “UMKM Mendunia, Keluarga Sejahtera” yang diikuti 20 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Keberadaan even yang rutin digelar setiap bulan tersebut telah menjadi salah satu barometer bagi para pelaku UMKM di Surabaya dan Jawa Timur, untuk menjangkau pasar yang lebih luas, selain untuk menambah jejaring, review produk, hingga pengetahuan melalui kelas pengembangan.

General Manager Surabaya Suites Hotel, Firman S Permana mengatakan, sektor UMKM menjadi salah satu yang terkena dampak pandemi Covid-19. Oleh karena itu upaya untuk ikut membantu mendorong pelaku UMKM kembali bangkit

Menurutnya, pengembangan produk UMKM tak bisa hanya menggantungkan pemerintah semata. Semua pihak termasuk swasta dan lembaga non pemerintah musti sama-sama ikut berperan aktif, mengingat produk UMKM lokal memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

“Kegiatan ini adalah kolaborasi kami pihak hotel sebagai bagian dari program CSR (corporate social responsibility) kami dengan sejumlah pihak, seperti komunitas pegiat UKM dan kuliner. Tetunya kegiatan ini akan bakal berlanjut di tahun 2021, namun dengan tema dan pengembangan yang lebih luas, yakni mengarah ke sektor industri kreatif,”  katanya.

Dalam kesempatan itu dia juga menjelaskan, karena masih dalam masa pandemi, pihaknya sangat memerhatikan protokol kesehatan selama gelaran EkraNova 2020. Sehingga pihaknya harus mengatur kapasitas ruang dan jumlah pengunjung.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) atau BRI juga mendukung kegiatan Ekranova 2020 dengan menyosialisasikan program kredit usaha rakyat (KUR) Super Mikro dan program pembiayaan lain untuk UMKM.

Kepala Unit BRI Pasar Atom Surabaya, Hendry mengatakan, sebagai salah satu bank BUMN, BRI berkomitmen untuk ikut pengembangan sekor mikro di seluruh Indonesia. KUR super mikro sendiri ditujukan untuk masyarakat yang belum pernah mendapatkan KUR dan tidak sedang menikmati pinjaman komersial.

KUR Super Mikro juga diprioritaskan untuk pekerja yang terkena PHK dan Ibu Rumah Tangga yang memiliki usaha.  KUR super mikro diberikan kepada penerima dengan plafon maksimal Rp10 juta untuk setiap Penerima KUR.

“Jadi bagi pelaku UMKM yang membutuhkan mudal kerja untuk pengembangan usaha, silakan mengajukan pembiayaan ke kami, baik secara langsung di kantor-kantor terdekat atau melalui online, tim kami akan siap melayani,” ujarnya.

Dalam Ekranova 2020 “UMKM Mendunia, Keluarga Sejahtera” tersebut, selain digelar talkshow, juga tiga kelas pengembangan dengan tema menembus pasar ekspor bagi produk UMKM, desain produk, serta digital payment.

Salah satu peserta, Ria Rahman mengaku senang bisa ikut serta dalam kegiatan tersebut. Baginya, selain memberikan wadah untuk memasarkan dan mengenalkan produknya yakni Pastel Prull Surabaya kepada pengunjung, dia juga mendapatkan banyak manfaat. “Selain ada review produk sehingga kami tahu ke depannya bagaimana, juga kami mendapatkan banyak pengetahuan dari adanya kelas-kelas pengembangan,” jelasnya. (q cox, tama dinie)

Reply