Gelar Acara Festival Kelud 2019, Bupati Kediri Dongkrak Potensi Desa Wisata

KEDIRI (Suarapubliknews) – Bersama Dodi Purwanto Ketua DPRD Kabupaten Kediri dan para Kepala SKPD, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno secara resmi membuka acara Festival Kelud 2019 yang berlangsung di area parkir bawah wisata Gunung Kelud Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Sabtu (14/9/2019).

Festival Kelud merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, sekaligus mengenalkan wisata Kabupaten Kediri, yakni kegiatan pameran produk unggulan UMKM dan pengenalan potensi desa wisata di Kabupaten Kediri, diantaranya Desa Wisata Joho, Kampung Labu, Plumpungan Tawang Wates, Paron dan Mlancu.

dr. Hj. Haryanti Sutrisno menyampaikan, saat ini ada 30 desa wisata di Kabupaten Kediri yang mempunyai potensi dan ciri khas masing-masing. Kreativitas dan inovasi harus terus dikembangkan dengan tetap menonjolkan kearifan lokal. Promosi di media sosial pun penting dilakukan karena media sosial merupakan sarana promosi yang efektif, cepat dan murah.

“Desa wisata itu tidak harus memiliki pemandangan alam yang indah, namun maksimalkan potensi yang ada. Seperti di Medowo, dengan potensi manggis dan duriannya, banyak wisatawan yang berkunjung kesana,” Kata Bupati Kediri

Usai melakukan pengguntingan untaian melati, Bupati Kediri meninjau stan-stan di area pameran UMKM. Menurut Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro drh. Munfarid, terdapat 60 stan dan sekitar 200 UMKM berpartisipasi pada pameran ini, juga produk unggulan desa sekitar Gunung Kelud pun disajikan, seperti nanas, anggrek, bibit alpukat, salak, dan masih banyak lagi.

“Pameran UMKM rutin digelar di berbagai event di Kabupaten Kediri. Seperti saat ini, pameran ini adalah untuk menyemarakkan wisata Kelud dan mengenalkan produk-produk agar dikenal luas. Yang pasti, UMKM mendukung wisata yang ada di Kabupaten Kediri,” tegas drh. Munfarid.

Rangkaian Festival Kelud telah dimulai pekan lalu dengan penyelenggaraan Festival Nanas dan Pameran Buah, Festival Jaranan serta Parade Band. Hari ini pembukaan Festival Kelud dilaksanakan bersamaan dengan Pameran Produk UMKM, ritual sesaji Gunung Kelud dan Art Performance. Esok hari, Minggu tanggal 15 September 2019, akan digelar Kelud Volcano Road Run yang diikuti lebih dari 600 pelari dari dalam maupun luar negeri.

Rangkaian Festival Kelud berikutnya adalah lomba layangan sambitan yang akan dilaksanakan tanggal 21- 22 September 2019 mendatang di area sirkuit motocross Kawasan Wisata Gunung Kelud. (q cox, Iwan)

Reply