Gelar Safari Ramadan, Wali Kota Eri Cahyadi Salat Tarawih Keliling ke 31 Kecamatan se Surabaya

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melakukan safari Ramadan mulai awal puasa dan direncanakan hingga akhir Ramadan nanti. Dalam safari Ramadan ini, Wali Kota Eri melakukan Salat tarawih keliling ke masjid-masjid yang ada di 31 kecamatan se Kota Surabaya. Selain Salat Tarawih, Wali Kota Eri juga menyerahkan bantuan kursi roda dan juga sembako.

Safari Ramadan itu diawali di Masjid Jenderal Sudirman Jalan Dharmawangsa, Kecamatan Gubeng, Surabaya, pada Senin (4/4/2022) malam. Kemudian dilanjutkan ke Masjid Tholabudin di Jalan Rungkut Lor 110 pada Selasa (5/4/2022). Sesuai rencana, pada malam ini Wali Kota Eri akan melakukan Salat Tarawih di Masjid NU Al Hikmah Jl. KH. Said Agil Siradj, Kecamatan Wonokromo, Surabaya.

Di setiap masjid yang dikunjunginya itu, Wali Kota Eri menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada warga Kota Surabaya, karena saat ini Kota Surabaya sudah memasuki PPKM Level 1. Menurutnya, keberhasilan ini berkat doa dari seluruh warga Kota Surabaya. “Surabaya kini sudah masuk PPKM Level 1, dan insyallah Idul Fitri kita bisa lakukan nanti,” kata Wali Kota Eri.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri juga meminta warga melaporkan kepada camat maupun lurah apabila menemui tetangga atau saudaranya yang membutuhkan bantuan. Bagi Wali Kota Eri, Pemkot Surabaya tidak bisa bekerja sendirian tanpa bantuan dan keterlibatan dari warga Kota Surabaya.

“Saya juga berharap kita semua bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan kota ini, karena sampai sekarang masih ada saja anak-anak muda yang ingin tawuran. Padahal, sekarang ini bulan puasa yang mana kita harus bisa menahan diri. Kalau kita bisa menahan diri dari nafsu, maka insyallah kita bisa menjaga kota ini,” ujarnya.

Selain itu, Wali Kota Eri juga memohon doa kepada warga untuk kebaikan Kota Surabaya beserta warga Kota Surabaya. “Tolong didoakan Kota Surabaya dan seluruh warga Kota Surabaya supaya bisa meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua IV Bidang SDM dan Administrasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Surabaya Moch Riduan memastikan selama bulan Ramadan tahun 2022 ini, pihaknya mengalokasikan dana sebesar Rp 3,9 miliar untuk membantu seluruh MBR di Kota Surabaya.

Bantuan itu disalurkan dalam beberapa jenis bantuan, mulai dari bantuan Surabaya Sehat untuk lansia dan bayi stunting, Surabaya Berdaya untuk permodalan koperasi UMKM, hingga Surabaya Cerdas untuk pelajar di Kota Pahlawan.

“Setiap bulan kita sudah memberikan beasiswa kepada 1.504 pelajar dan anak asuh sebanyak 127 pelajar. Kemudian, juga terdapat program Rutilahu yang juga kita bantu,” ungkap dia.

Ia juga menjelaskan bahwa selama bulan Ramadan tahun ini juga akan membagikan 10 ribu paket sembako dan 150 kursi roda untuk MBR di seluruh Kota Surabaya. Berbagai bantuan ini merupakan hasil zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang dihimpun Baznas melalui Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya serta masyarakat.

Secara simbolis, bantuan kursi roda dan sembako ini diserahkan langsung oleh Wali Kota Eri bersama istri Rini Indriyani kepada warga MBR. Riduan memastikan bahwa bantuan kursi roda itu sudah sesuai dengan pengajuan permohonan dari Dinas Sosial Kota Surabaya. “Jadi, insyallah penerimanya tepat sasaran,” pungkasnya. (q cox)

Reply