Jatim Raya

Gus Ipul-Puti: Selamat Hari Raya Idul Fitri

9
×

Gus Ipul-Puti: Selamat Hari Raya Idul Fitri

Sebarkan artikel ini

JOMBANG (Suarapubliknews.net) – Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 pada seluruh umat muslim di Jawa Timur.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin,” kata Gus Ipul usai sholat Idul Fitri di Masjid Agung Baitul Mukminin, Jombang, Jumat (15/6/2018).

Menurut Gus Ipul, ada dua pesan utama setiap memasuki lebaran Hari Raya Idul Fitri. Pertama, menjaga terus semangat jihad Ramadhan, dengan selalu menebar kebaikan dan melawan hawa nafsu.

“Bulan Ramadhan telah kita lalui, namun jihad melawan hawa nafsu dan menebar kebaikan harus terus kita jaga,” kata Gus Ipul usai sholat Idul Fitri.

Yang kedua, katanya, pesan sosial. Yakni, kita telah diajarkan berbagi zakat serta sedekah. Berzakat dan bersedekah sama artinya membantu mengatasi kemiskinan.

“Prinsip sedekah, bagaimana kita merasa: kabeh sedulur, kabeh makmur. Itu yang harus kita jalankan terus khususnya setelah meninggalkan Ramadhan,” kata Gus Ipul.

Cicit (alm.) KH Bisri Syansuri itu, salah satu pendiri NU, menyebut tradisi Idul Fitri di Indonesia yang diwarnai mudik ke kampung, saling bermaaf-maafan dengan keluarga, sahabat, teman-teman, adalah cerminan dari tingginya semangat persaudaraan di negeri ini.

“Kita perkuat semangat persaudaraan, dengan menjaga persatuan dan kesatuan. Kita dorong kesejahteraan agar meningkat dan makin dirasakan rakyat Jawa Timur. Kabeh sedulur, kabeh makmur,” kata Gus Ipul.

Wakil Gubernur Jawa Timur 2 periode itu, tadi pagi menunaikan sholat Idul Fitri bersama istrinya, Ny. Fatma, dan ketiga  puteranya. Kemudian dilanjutkan sungkem pada ibunya, Ny. Sholichah Hasbulloh, dan ibu mertuanya, orangtua Ny. Fatma.

Gus Ipul lahir dari keluarga santri di Pasuruan. Ayahnya, Ahmad Yusuf Cholil, keturunan buyut dari KH Bisri Syansuri, pendiri Pondok Pesantren Denanyar, Jombang. Kiai Bisri juga dikenal ulama besar di masanya, serta pernah menjabat Rais Syuriah PBNU.

Sementara, pasangannya, Cawagub Puti Guntur Soekarno menyampaikan ucapan sama. “Kepada masyarakat Jawa Timur, saya sampaikan Selamat Idul Fitri. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin,” kata Puti.

Cucu Bung Karno itu menunaikan sholat Idul Fitri tadi pagi, bersama suami dan keluarga. Setelah itu, Puti melakukan sungkeman, memohon maaf dan doa, dari kedua orangtuanya, Guntur Soekarno Putera dan Ny. Henny Emilia Hendayani. Puti juga sungkem ke ibu mertuanya, ibu Joy Kameron, suami Puti.

“Dengan Idul Fitri, kita perkuat semangat silaturahmi, dan tali persaudaraan. Kita perkuat semangat kebangsaan, spirit merah putih di Jawa Timur,” kata Puti.

Pasangan kandidat Pilkada Jawa Timur, nomor 2 itu, juga menjadikan momen Idul Fitri untuk rehat dari aktivitas kampanye. Tanggal 17 Juni, mereka sudah terjadwal aktif lagi, bertemu warga masyarakat. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *