Hari Dharma Samudera 2023 Jadi Pengingat Perjuangan Kekuatan Militer Kelautan Jaga NKRI

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menghadiri Upacara Tabur Bunga Hari Dharma Samudera 2023 di KRI Soeharso 990, Dermaga Madura, Koarmada II Surabaya, Senin (16/1).

Wagub Emil mengatakan bahwa acara tabur bunga diatas kapal rumah sakit ini menunjukan simbol kekuatan maritim Indonesia. “Peringatan Hari Dharma Samudera ini mengingatkan kita bagaimana kekuatan militer kelautan negara kita telah mengorbankan jiwa dan raga untuk menjaga NKRI,” ungkapnya usai upacara.

Lebih lanjut Wagub Emil mengatakan, bersama dengan segenap Insan TNI Angkatan Laut dan segenap undangan, upacara tabur bunga juga menjadi wujud menghargai jasa dan perjuangan para pahlawan. “Kita menebarkan bunga sebagai wujud bagaimana kita harus mengingat jasa-jasa para pahlawan dan juga bahwa kita dipertahankan juga dari laut,” katanya.

Menurutnya, sebagai warga negara, setiap orang harus memiliki wawasan kemaritiman dalam konteks kedaultan dan kesejahteraan bangsa. “Termasuk pula didalamnya bidang kesehatan,” ungkapnya

Tidak hanya itu, usai upacara Wagub Emil yang sempat berbincang bersama Inspektur Upacara yakni Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut ( Wadan Kodiklatal) Laksamana Pertama TNI Rachmad Jayadi mengungkapkan bahwa Surabaya juga bisa disebut sebagai The City Of Navy.

“Bahkan saya mendapat info ada museum yang sedang dibangun yang mendisplay perjalanan Dan juga bagaimana perkembangan dari Angkatan Laut di Indonesia. Ini tentunya kebanggaan bagi masyarakat Surabaya dan Jawa Timur untuk menjadi the city of navy,” pungkasnya. (q cok, tama dini)

Reply